0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demam “Ciyus Miapah” Landa Anak Muda

Timlo.net — Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan membaca anak-anak muda mengatakan kata-kata plesetan seperti “ciyus”, “miapah”, baik di situs  jejaring sosial maupun dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kata-kata gaul ini pun sempat muncul dalam sebuah iklan operator seluler.

Sebagian besar anak-anak muda mungkin sudah familiar dengan arti-arti kata-kata plesetan ini sehingga mereka dengan leluasa menggunakannya. Tapi, sebagian kecil anak-anak muda mungkin tidak mengerti makna dari singkatan-singkatan tersebut dan mulai bertanya-tanya.

Pertanyaan mereka pun beragam mulai dari siapa pencipta kata-kata ini, lalu apakah kata-kata ini bisa disebut kata plesetan, kata-kata gaul atau kata-kata singkatan. Sebenarnya agak susah bagi Timlo.net untuk melacak sumber asli dari kata-kata ini, walaupun berbagai macam blog dan forum sudah beramai-ramai membahas kata-kata seperti “ciyus,” “miapah,””binun,” dll.

Tapi Timlo.net sempat menemukan seorang pengguna Twitter populer yang diklaim oleh para follower-nya sebagai pencetus kata-kata ini. Beberapa follower dari pengguna Twitter @popokman sempat membahas hal tersebut. Seorang pengguna Twitter, @titutismail bertanya ke@popokman: “Apakah @popokman yang pertama ngeluarin ciyus miapah dan sahabat2nya? “

Popokman sendiri tidak mengiyakan, tetapi juga tidak menampik “tuduhan” tersebut. Sementara seorang follower lain, @arnellism dengan nada bercanda menyalahkan Popokman sebagai penyebab para muridnya menggunakan kata-kata ini dikelasnya:

“Pas di kelas saya menerangkan pelajaran, murid2 saya bilang ciyus miapah. Hih, ini semua ulah @popokman! *setrap*”

Memang fenomena bukanlah sesuatu yang patut dipermasalahkan. Tapi bila kalian bingung dan tidak tahu kata-kata ini, berikut kamus kata-kata tersebut yang berhasil Timlo.net kumpulkan dari Internet:

Ciyus = Serius
Miapah = Demi apa
Lahacia = Rahasia
Enelan = Beneran
Cungguh = Sungguh
Akooh = Aku
Maacih = Terima kasih
Macama = Sama-sama
Macapah = Sama Siapa/Dengan Siapa
Binun = Bingung
Ca Oong Cih = Masa Bohong Sih
LeFo = Lelet Info (singkatan)
Baryaw = Sabar yah (singkatan)
Gudnyus = Good news
Kiyim = Kirim
Amaca Cih = Ah Masa Sih
Cemungudh = Semangat
Camplet = Kampret
Cendili = Sendiri



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge