0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

58 Sekolah dan 104 Satker Sragen Dibidik Irwasda Propinsi

Rapat Dinas Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Pemkab Sragen tahun pemeriksaan 2011. (dok.timlo.net/agung)

Sragen —  Sasaran digelarnya Rapat Dinas Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) tahun pemeriksaan 2011 di Sragen, Rabu (17/10) untuk meningkatkan fungsi dan peranan pengawasan dalam pelaksanaan tugas pada setiap unit kerja serta untuk meningkatkan koordinasi di antara aparat pengawasan fungsional. Selain itu juga untuk meningkatkan penanganan dan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan dan memacu terciptanya aparatur yang bersih dan berwibawa dan memberikan umpan balik bagi pihak perencana, pelaksana serta pimpinan dalam rangka pengambilan keputusan atau kebijaksanaan mendatang.

“Gelar pengawasan ini dilaksanakan untuk memaparkan hasil pengawasan fungsional di lingkungan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri –Red) dan pemerintah di daerah”, kata  Sekretaris Inspektorat Kabupaten Sragen, Hanung Priyono, dalam laporannya.

Selain itu juga untuk memasyarakatkan hasil-hasil pemeriksaan dalam rangka pembudayaan pengawasan. Larwasda tahun 2012 ini merupakan laporan hasil pemeriksaan tahun 2011.

Lebih lanjut Hanung menjelaskan, dengan penyelenggaraan Larwasda ini diharapkan memberikan manfaat bagi peningkatan pelaksanaan kegiatan Pemerintah dan Pembangunan. Karena dengan Larwasda dapat melakukan evaluasi kekurangan atau kesalahan sebelumnya dan untuk menyempurnakan kegiatan selanjutnya.

Sementara itu Plt Inspektur Sragen, Is Susanto Hery Setyono, dalam paparannya menyatakan,  pemeriksaan pada tahun anggaran 2011 dilaksanakan oleh 4 bidang dan pejabat fungsional auditor. Keempat bidang tersebut adalah Bidang Pemerintahan, Aparatur dan Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat, Bidang Kesejahteraan Sosial, Bidang Perekonomian Pembangunan dan Pemukiman Prasarana Daerah serta Bidang Pendapatan, Kekayaan dan BUMD.

Pemeriksaaan pada tahun ini dilaksanakan pada 192 obyek pemeriksaan, 10 kasus serta 1 review LKD Kabupaten Sragen. Dari 192 obyek tersebut terdiri dari 104 Satuan Kerja (Satrker), 30 desa/kelurahan serta 58 sekolah. Dari hasil pemeriksaan tersebut diharapkan setiap tahun terdapat peningkatan kinerja untuk masing-masing satuan kerja. Baik dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas.

Larwasda yang diselenggarakan Rabu (17/10) di Aula Sukowati, Setda Sragen tersebut dihadiri Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Inspektur Provinsi Jateng, Ketua DPRD Sragen, Sugiyamto serta seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Sragen.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge