0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masyarakat Menengah Siap Nikmati Kenaikan Besaran Gaji

Kantor Pelayanan Pajak (dol/timlo.net/epri)

Solo — Masyarakat kelas menengah dipastikan bakal menikmati kenaikan besaran gaji atau penghasilan tidak kena pajak (PTKP) dalam waktu dekat ini. Hal tersebut menyusul rencana pemerintah memberlakukan kenaikan tarif PTKP mulai 1 Januari 2013 mendatang.

Sedianya besaran PTKP akan menjadi Rp 24,3 juta untuk wajib pajak orang pribadi (WPOP). Jumlah ini naik dari nilai sebelumnya sebesar Rp 15,8 juta pertahun.

Dengan adanya kenaikan tersebut, Kepala Bidang P2 Humas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II, Basuki Rahmat, memroyeksikan daya beli masyarakat khususnya kelas menengah akan cenderung meningkat.

Kenaikan PTKP ini secara otomatis akan lebih banyak dinikmati masyarakat berpenghasilan Rp 50 juta pertahun ke bawah. “Efek peningkatan PTKP akan terasa kalau penghasilannya di bawah Rp 50 jutaan,” ujar Basuki Rahmat, saat ditemui wartawan, di kantor setempat, Rabu (17/10).

Terlepas dari itu, dengan adanya kenaikan PTKP ini, Rahmat tidak memungkiri penerimaan negara dari sektor pajak berpotensi berkurang. Hanya saja, pihaknya belum bisa memerkirakan besaran penurunnya, mengingat perlu adanya analisis secara mendalam.

“Pasti akan ada potential lost (potensi kehilangan –Red), cuma sampai berapa besar kami masih harus menghitung,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge