0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Akibat Diguyur Hujan Deras

Baru Dibangun, Jalur Lintas Kecamatan Ambrol

Jalan penghubung antara Desa Padas, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom dengan Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten ambrol (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten —  Jalan penghubung antara Desa Padas, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom dengan Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Kabupten Klaten kembali ambrol setelah tiga bulan lalu diperbaiki. Ambrolnya jalur itu setelah diguyur hujan pada Minggu (14/10) malam.

“Padahal hujan pada Minggu malam lalu tidak begitu deras dan hanya 15 menit. Namun guyuran itu membuat jalan penghubung antardesa itu ambrol,” ujar Kepala Desa Padas, Resianta, Rabu (17/10).

Resianta menjelaskan, ambrolnya jalan tersebut juga membuat talud sepanjang 20 meter dengan ketinggian 2 meter runtuh. Akibatnya, jalan milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU) itu kini tak bisa dilewati kendaraan roda empat.

“Kondisi tersebut dapat membahayakan warga yang melintas terutama saat malam hari karena minimnya penerangan. Padahal, sebelum ambrol jalan tersebut tergolong baru setelah tiga bulan lalu diperbaiki oleh DPU akibat kerusakan yang sama,” ujarnya.

Resianta mengatakan, buruknya pengerjaan jalan dan talud itu menjadi faktor jalan tersebut mudah rusak. Hal itu lantaran tidak adanya penguat pada pundasi.

“Apapun alasannya kondisi bangunan itu tidak layak. Sebab setelah ambrol bisa terlihat pada pundasinya tidak ada penguatnya. Padahal seharusnya secara standar pundasi itu diberi penahan atau penguat (skur),” jelasnya.

Sementara itu, koordinator pelaksana pembangunan, Sumanto, menampik tudingan bahwa pembangunan jalan yang dikerjakan tiga bulan lalu itu asal-asalan. Menurutnya, ambrolnya jalur tersebut lantaran kurang padatnya urukan tanah pada pundasi.

“Seharusnya urukan tanah pada pundasi jalan itu menggunakan sirtu, bukannya menggunakan lempung. Pembangunan jalan tersebut merupakan swakelola UPTD Pekerjaan Umum Wilayah III Jatinom,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge