0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

400 Kasus Pelanggaran Gerayangi Barang Konsumsi

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Sukoharjo — Kementerian Perdagangan mencatat pada September 2012 lalu telah terjadi 400 kasus pelanggaran pada barang yang dikonsumsi masyarakat.

Dari jumlah itu, dikatakan Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, tindak pelanggarannya cukup bervariasi. Mulai dari ketidakjelasan label produk, tidak adanya kesesuaian mutu, tidak adanya kartu garansi hingga ketiadaan buku petunjuk.

“Itu semua merugikan konsumen. 400 kasus tadi kalau dilihat dari jumlah produknya itu puluhan ribu. Jadi ini merugikan,” tandasnya, ketika ditemui wartawan seusai membuka acara Focus Group Discussion (FGD), di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (16/10).

Terkait hal ini, Kementerian Perdagangan akan terus berupaya melakukan pengawasan terhadap barang yang beredar. Termasuk melakukan penegakan hukum terhadap barang-barang yang diketahui melanggar regulasi.

“Kami lakukan pengawasan barang beredar. Kami lakukan penegakan hukum terhadap barang-barang yang beredar, sehingga sampai September kemarin kami sudah menangkap 400 kasus pelanggaran barang-barang yang dikonsumsi,” pungkas Bayu Krisnamurthi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge