0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemendag Gandeng Muhammadiyah Perkuat Perlindungan Konsumen

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Sukoharjo — Pemerintah mencoba melibatkan peran aktif masyarakat dalam upaya perlindungan konsumen. Oleh sebab itu, melalui Gerakan Konsumen Cerdas, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng salah satu organisasi kemasyarakatan terkemuka di Tanah Air, Muhammadiyah agar tujuan perlindungan konsumen tercapai secara maksimal.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, ketika membuka acara Focus Group Discussion (FGD), di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Sukoharjo, Selasa (16/10).

Tujuan perlindungan konsumen sendiri sejalan dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Selain guna mewujudkan konsumen yang lebih cerdas dan mewujudkan pelaku usaha yang bertanggungjawab, juga untuk meningkatkan daya saing produk di pasar dalam negeri.

FGD mengambil tema ‘Menggerakkan Konsumen Cerdas melalui Peran Da’i dan Aktivis Dakwah Muhammadiyah’. Kegiatan ini merupakan inisiasi baru yang mana keduanya diharapkan bisa turut berperan aktif dalam mendorong terwujudnya konsumen cerdas.

Edukasi kepada komunitas konsumen dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melindungi diri dan lingkungan. Di antaranya dengan membangun kesadaran bahwa konsumen memiliki hak dan kewajiban yang dilindungi Undang-undang.

Adapun kegiatan edukasi yang dilakukan, sejauh ini telah menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan, pada akhir 2012 mendatang bisa mencapai 18 ribu motivator.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge