0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubernur dan Walikota Pakai Esemka, Mobil Jepang Diistirahatkan

mobil Esemka (timlo.net - dhefi)

Solo – Proses upaya produksi massal terhadap Mobil Esemka terus dilakukan. Diperkirakan tahun 2013, PT Solo Manufaktur Kreasi selaku principal product Esemka sudah bisa memproduksi secara massal mobil dalam negeri tersebut.

Disebut-sebut, pertama kali yang akan menggunakan Mobil Esemka secara resmi adalah Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Walikota (Wawali) Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) sebagai mobil dinasnya. “Tahun depan setelah produksi, biar diambil Pak Gubernur (Jokowi),” kata Wawali Solo FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan, Selasa (16/10).

Nanti, yang menjadi mobil dinas Gubernur DKI dan Walikota Solo adalah Esemka jenis Rajawali yang telah disempurnakan. Mobil tersebut merupakan jenis mobil Sport Utillity Vehicle (SUV) dengan kapasitas mesin 1.500 cc.

Rudy juga memastikan, setelah beralih ke Esemka, mobil dinas yang selama ini ia pakai akan diistirahatkan. “Kalau boleh saya ngomong, mobil Jepang diistirahatkan semua. Itu baru Nasionalismenya bisa tumbuh,” ungkapnya sambil tertawa.

Kapasitas produksi yang dijanjikan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi mencapai 200 unit per bulan. Sampai dengan saat ini, jumlah pesanan Esemka sudah mencapai 27.000 unit.

Proses pengurusan Surat Uji Type (SUT) untuk mobil Esemka sudah selesai. Rudy memastikan, dalam pekan ini surat tersebut sudah diterimanya. “Tinggal mengurus administrasi Surat Tanda Kendaraan Bermotor,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge