0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wayem, Satu Tahun Dalam Derita Kanker

Wayem, semasa hidup dengan kanker di payudaranya. (Dok.Timlo.net/Aris Arianto)

Wonogiri — Wayem (66) warga Dusun Mloko RT 2/1 Desa Songbledek, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri terpaksa menanggung derita akibat penyakit selama satu tahun belakangan ini. Ibu berputra 3 tersebut mengidap kanker payudara (ca mammae) parah stadium akhir.

Penyakit kanker payudara yang diderita Wayem, menurut Kadus Mloko, Kusno semakin menambah penderitaan selama ini. Pasalnya istri Karimin (78) itu termasuk kategori rumah tangga miskin. Kesehariannya menggantungkan hidup dari ladang tak begitu luas di dekat rumahnya.

“Saat ini dia hanya hidup bersama suaminya, rumahnya berdinding gedhek dan masih berlantai tanah, sementara ketiga orang anaknya telah berkeluarga dan mempunyai rumah sendiri dan tinggal jauh,” ujar Kusno saat mencari surat rujukan di RSUD dr Soediran Mangun Soemarso (SMS) Wonogiri, Selasa (16/10).

Beberapa upaya pengobatan telah dijalani Wayem. Mulai dari pengobatan alternatif, Puskesmas hingga rumah sakit. Hanya saja lantaran kondisi keuangan yang terlalu minim, penyembuhan tak pernah tuntas.

“Dulu awalnya dari benjolan kecil sebesar ibu jari, kemudian lama-kelamaan membesar menjadi seperti sekarang. Karena keadaan yang miskin tidak bisa berobat maksimal. Kami dari pihak pemerintah desa beserta PKK dan tetangga sudah membantu tapi juga tidak bisa banyak,” jelasnya.

Beruntung ada kelompok relawan yang peduli akan penderitaan Wayem. Mereka berupaya mengobatkan ke RSUD Dr Moewardi Solo. “Hari ini setelah dapat rujukan langsung ke Solo, tapi kalau dokter di sana tidak ada, ya terpaksa menginap di rumah kerabat di Solo,” tambah Kusno.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge