0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tera Wakili Jateng di Federasi Teater Indonesia

()

Solo — Teater Surakarta (Tera) akhirnya mewakili Jawa Tengah dalam Federasi Teater Indonesia (FTI). Berangkatnya kelompok teater yang dikomandani M Gigok Anuraga tersebut atas keputusan yang dibacakan salah satu anggota Dewan Pengamat, Dedek Witranto usai Gelar Teater Jawa Tengah di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Kentingan Jebres, Solo, Minggu (14/10).

Mengusung naskah lakon Don’t Cry Kumbokarno karya Muchus Budi Rahayu, Tera dinilai lebih layak mewakili Jawa Tengah dalam FTI yang akan digelar sekitar November 2012. Koordinator Pelaksana Teater Wilayah Jawa Tengah, sekaligus juri Gelar Teater Jawa Tengah, Hanindawan mengatakan, ditetapkannya Tera sebagai pemenang karena dalam pertunjukannnya mengeluarkan banyak ruang untuk dieksplorasi, selain tertata dalam penyutradaraan jika dibandingkan dengan peserta lainnya.

Dalam ajang FTI nantinya, lanjut Hanin, Tera akan sepanggung event dengan juara lain dari 10 provinsi di Indonesia, seperti dari Ambon, Padang, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta dan wilayah lainnya.

Sementara Sutradara Tera, M Gigok Anuraga mengatakan, berangkatnya Tera mewakili Jateng dalam FTI ini merupakan pengalaman yang kali pertama. Namun, kelompok ini beberapa kali menjuarai festival teater tingkat nasional di event lain. Hal itu menurut Gigok merupakan suatu tantangan untuk menyuguhkan sajian seni pertunjukan yang lebih menarik dan dapat diterima oleh semua kalangan.

“Hal itu tentunya harus didukung dengan penguasaan visualisasi dan penonjolan karakter-karakter tertentu dalam suatu naskah,” terang Gigok saat ditemui, Senin (15/10) di Wisma Seni ISI Solo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge