0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamkesda untuk Difabel Mulai Berlaku

dr Guntur Subiyantoro, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo — Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk difabel di Kabupaten Sukoharjo mulai diberlakukan. Anggaran yang diperuntukkan untuk Jamkesda Difabel tersebut dialokasikan Rp 100 juta dari APBD-P tahun 2012.

Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kabupaten Sukoharjo, dr Guntur Subiyantoro, Senin (15/10) mengatakan, program Jamkesda untuk kaum difabel mulai diberlakukan. Layanan Jamkesda Difabel sama seperti layanan Jamkesda pada umumnya seperti, rawat jalan, rawat inap hingga operasi.

“Layanan Jamkesda untuk difabel ini sama seperti layanan Jamkesda pada umumnya. Hanya saja, rekomendasi pengajuan Jamkesda didapat dari Dinas Sosial Pemkab Sukoharjo. Dengan adanya rekomendasi tersebut sudah dapat memanfaatkan program Jamkesda,” ujar dr Guntur Subiyantoro.

Sementara itu, dari data Dinas Sosial Pemkab Sukoharjo menyebutkan pengguna layanan Jamkesda ini masih sedikit. Setelah dilakukan pendataan ulang oleh Dinas Sosial, diketahui jumlah difabel di Kabupaten Sukoharjo meningkat dari data sebelumnya 1.767 orang menjadi 2.009 orang.

Kaum difabel yang ingin memanfaatkan program Jamkesda dapat langsung mengajukan rekomendasi ke Dinas Sosial Pemkab Sukoharjo. Rekomendasi tersebut bukan hanya berlaku bagi difabel yang telah masuk dalam data Dinas Sosial, tetapi juga yang belum terdata dapat mengajukan rekomendasi untuk permintaan penggunaaan program Jamkesda.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge