0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Sapi Penyakitan Ditemukan di Klaten

Sapi penyakiten di Klaten (Dok.Timlo.net/ Epri)

Klaten – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Klaten masih menemukan sapi milik pedagang yang terindikasi berpenyakit seperti terinfeksi cacing dan radang mata. Untuk itu, Dispertan terus mengintensifkan pemeriksaan terhadap hewan qurban hingga perayaan Idul Adha nanti.

“Dari hasil pemeriksaan disejumlah lokasi, kami masih menemukan sapi milik pedagang yang terinfeksi cacing yang menyerang rumen atau usus besar dan radang mata. Temuan itu diantaranya di Karanganom Mudal, Jonggrangan dan Ceper,” ujar Kepala UPTD RPH Klaten, Murtopo saat ditemui di sela-sela pemeriksaan sapi milik pedagang di Desa Kujon, Ceper, Senin (15/10).

Murtopo mengatakan, mendekati perayaan Idul Adha tahun 2012 ini pihaknya terus mengintensifkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap hewan qurban baik sapi dan kambing. Pemeriksaan dengan memberikan obat agar saat perayaan qurban nanti kondisi hewan sudah sehat.

“Pengawas terlebih terhadap sapi yang berasal dari luar daerah seperti Boyolali dan Sragen. Hal itu untuk mengantisipasi penyakit sapi yang mungkin berbahaya bagi tubuh manusia. Tapi semua sudah divaksin secara periodik setiap enam bulan sekali,” ujar Murtopo.

Sementara itu, Koordinator Teknik RPH Klaten, Agus Joko Sriyana menambahkan, dari hasil temuan cacing dan radang mata itu pihaknya langsung melakukan terapi terhadap sapi dengan menggunakan obat khusus untuk infeksi. Terapi dilakukan dengan dua cara, yakni menyuntikkan ke dalam tubuh sapi dan di luar tubuh.

“Untuk mengatasi penyakit itu kami terus mengintensifkan dengan pemberian obat secara rutin. Mengingat hewan untuk perayaan qurban harus benar-benar sehat dan layak dikonsumsi,” ujar Agus.
Sent from my BlackBerry®



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge