0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

5 Langkah Tumbuh Lebih Tinggi untuk Remaja

Sejumlah pebasket handal masuk dalam Timnas Basket SEA Games (dok.timlo.net/red/aji)

Timlo.net — Selama masa remaja, seseorang akan mengalami pertumbuhan yang pesat dan mengalami pubertas. Pertumbuhan yang normal pada remaja dimulai pada usia delapan tahun hingga 13 tahun untuk gadis, dan antara 10 hingga 15 tahun untuk pria. Karena itu, remaja memerlukan makanan gizi yang memenuhi kebutuhan mereka untuk bertumbuh secara maksimal.

Seperti dilansir livestrong.com, berikut lima langkah untuk tumbuh lebih tinggi:

Langkah 1

Tingkatkan jumlah kalori harian yang kalian konsumsi. Menurut HelpGuide.org, remaja pria memerlukan sekitar 2.500-2.800 kalori per hari sementara para gadis memerlukan 2.200 kalori per hari untuk bertumbuh secara maksimal. Hindari kalori kosong dan makanlah makanan seperti daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, gandum utuh dan sayur serta buah segar.

Langkah 2

Rajinlah berolahraga. Aktivitas fisik harian diperlukan untuk menolong kalian menjaga siklus pertumbuhan yang sehat. Sementara bila kalian malas melakukan aktivitas fisik, maka gerakan otot dan pertumbuhan kalian malah akan terhambat.

Langkah 3

Makan protein antara 45-60 gram per hari dari makanan seperti daging tanpa lemak dan ikan. Protein sangat penting untuk membangun massa otot dan memastikan pertumbuhan yang maksimal. Remaja vegetarian bisa mendapatkan protein dari kedelai, tahu, buncis dan kacang-kacangan.

Langkah 4

Berbicaralah dengan dokter kalian mengenai kekuatiran kalian tentang tinggi tubuh. Dia bisa melakukan tes untuk memastikan apakah ada penyakit atau defisiensi yang mempengaruhi siklus pertumbuhan  normal kalian. Sangat penting bagi remaja untuk tetap melacak perkembangan tinggi kalian supaya bisa mendeteksi lebih awal akan adanya masalah-masalah kesehatan.

Langkah 5

Makan makanan kaya kalsium dan zat besi, karena dua zat mineral tersebut diperlukan untuk membantu tulang dan otot kalian bertumbuh juga membantu mencegah luka. Makanan seperti daging merah, unggas, produk susu dan jus adalah sumber ideal untuk mendapatkan dua zat mineral ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge