0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KNPI Sragen Sebarkan Virus Enterpreneur

Ketua KNPI Sragen, Dodok Sartono. (dok.timlo.net/agung)

Sragen —  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sragen menularkan “virus  enterpreneur” atau ilmu menjadi pengusaha kepada ratusan siswa SMA/SMK yang kini menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan menggelar pelatihan kewirausahaan di Aula Gedung PMI Sragen, Sabtu (13/10).

Ketua KNPI Sragen Dodok Sartono mengungkapkan, mereka yang kini duduk di bangku SMA rata-rata sudah termasuk golongan pemuda. Yaitu mereka yang usianya 16 tahun ke atas. Melalui pelatihan kewirausahaan, KNPI ingin menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini.

“Kalian para peserta pelatihan nantinya bertugas menularkan virus enterpreneur di sekolah masing-masing,” jelas Dodok Sartono saat memberikan pengarahan kepada peserta. Selain itu, ungkapnya, KNPI juga ingin bekerja sama dengan OSIS untuk membangkitkan semangat pemuda.

Salah satu pembicara acara tersebut, dr Kinik Darsono mengungkapkan, ketika akan menjadi pengusaha, seseorang sebaiknya mulai dari sesuatu yang kecil ukurannya, tapi mempunyai rentang pendapatan tak terbatas. Ia mencontohkan bekerja menjadi pencangkul sawah adalah jenis pekerjaan yang terbatas rentang pendapatannya. Berbeda halnya dengan bekerja sebagai pedagang yang memungkinkan seseorang memiliki pendapatan tak terbatas.

“Ketika menjadi pengusaha harus bisa menjaga kepercayaan. Misalnya ketika ada order barang, harus diusahakan barang segera dikirim ketika uang sudah ditransfer pembeli,” jelasnya.

Dokter Kinik juga menyarankan agar siswa terbiasa memisahkan antara pikiran dan perasaan. Ketika ternyata usaha yang dipilih bangkrut misalnya, bukan untuk dirasakan, tapi untuk dipikirkan. “Ketika usaha bangkrut, sebenarnya sedang ditunjukkan oleh Allah bahwa usaha itu tidak cocok,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge