0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan-jangan

Hati-hati Beli BlackBerry Bekas!

BlackBerry. (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Timlo.net — Akhir-akhir ini beredar kabar mengenai BlackBerry bekas yang dijual, padahal PIN-nya sudah disuspend atau dikloning. Sehingga kita harus hati-hati saat kita membeli BlackBerry second karena siapa tahu PIN-nya sudah disuspend oleh RIM atau dikloning.

Saat BlackBerry seseorang hilang, dia bisa menghubungi customer service BlackBerry untuk meminta nomor PIN-nya untuk disuspend  (ditangguhkan, diblok atau dihentikan) sehingga bila Anda membeli BlackBerry bekas dengan nomor PIN yang sudah disuspend, bisa berarti BlackBerry tersebut hasil curian.

Sementara itu, PIN hasil kloning sebenarnya adalah PIN curian dari BlackBerry yang masih aktif. Hal ini dilakukan dengan menggunakan software-software tertentu. Biasanya pencurian dan pengkloningan nomer PIN ini dilakukan oleh para importir yang berniat menjual BlackBerry ilegal atau curian yang PIN-nya sudah disuspend.

Nah, bagaimana ciri-ciri yang BlackBerry yang di kloning? Bagaimana cara menghindari tertipu membeli BlackBerry dengan PIN yang disuspend atau di klon? Dilansir dari dagosearch.com, berikut jawabannya:

 

Ciri Ciri Blackberry Yang di Cloning

1. Karena terjadinya double PIN, layanan akan bentrok.
2. Dapat menggunakan Blackberry Messenger dengan kondisi error
3. Push Email terkadang tidak login
4. Browser lumpuh

PIN Generate Berbeda dengan PIN Cloning

Ada juga ahli Blackberry yang suka iseng untuk membuat nomor PIN cantik dan mengubah PIN BB dengan software yang sama dan menciptakan atau membuat PIN nomor cantik.

Setelah membuat PIN, mereka dapat menggunakannya BBM seperti biasa. Tetapi, cara ini tidak akan bertahan lama karena RIM secara otomatis mengecek servernya dan akan menghapus PIN yang tidak resmi dan BBM tidak dapat digunakan lagi.

Bagamana bila ada dua PIN yang sama?

Dua BB (BlackBerry) yang memiliki PIN yang sama tentunya akan bentrok dan salah satunya tidak dapat digunakan dengan lancar. Maka akibatnya PIN tersebut akan disuspend.
Jadi apabila anda membeli Blackberry yang dikloning berarti Blackberry tersebut sudah pernah mengalami suspend dan PIN kloning tersebut tidak akan bertahan lama dan beresiko mengalami suspend kembali.

Tips agar bebas dari BB PIN Kloning dan PIN Suspend:

1. Beli Blackberry anda dari dealer resmi bergaransi operator atau distributor.
2. Apabila anda harus beli yang bekas, pastikan anda beli dari toko yg memberi garansi bahwa BB Anda bebas kloning.
3. Pastikan nomor PIN dan IMEI pada Blackberry anda sama dengan yang tercetak di kotak kemasan. Caranya, buka menu Blackberry, ke Options -> Status.
4. Daftarkan PIN dan IMEI anda dengan Operator lewat Email Settings.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge