0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wow! Seragam Ironman Bisa Sembuhkan Kelumpuhan

Timlo.net — Sebuah seragam exoskeleton robotik seperti pakaian Ironman bisa menolong orang yang bagian tubuh bawahnya lumpuh untuk berjalan. Begitulah pernyataan para peneliti NASA yang mendesain peralatan yang menjaga para astronaut tetap sehat dalam penerbangan ke Mars. Exoskeleton sendiri adalah istilah yang digunakan untuk tulang yang berada di luar tubuh yang berfungsi untuk menutup atau melindungi tubuh.

Seragam seberat 26 kg ini dipasang pada tubuh seseorang dan bisa digunakan untuk membantu atau mencegah gerakan tulang sendi kaki.

Mode mencegah gerakan menyediakan  halangan yang dibutuhkan astronaut yang membutuhkan olahraga sementara mereka menganggur selama berbulan-bulan di sebuah pesawat ulang aling baik yang ditujukan untuk misi ke Mars atau dalam International Space Station.

Dalam mode yang lain,  exoskeleton tersebut bekerja dengan sang pemakai untuk menyediakan stabilitas dan bantuan gerakan. Hal ini bisa digunakan untuk membantu mereka yang menderita lumpuh bagian bawah untuk berjalan di Bumi.

Pemakaian lain yang mungkin dari pakaian yang disebut X1 ini meliputi rehabilitasi, modifikasi cara berjalan, dan  memindahkan berat dari sang pemakai ke exoskeleton tersebut.

X1 bukanlah exoskeleton pertama yang dibangun. Faktanya, pada bulan Agustus lalu seorang wanita Inggris yang lumpuh dari bagian dada ke bawah karena sebuah kecelakaan saat menunggang kuda membawa pulang sebuah exoskeleton robotik yang memampukan dia berjalan.

Dan Raytheon, produser alat-alat militer di Amerika Serikat, telah mengembangkan exoskeleton pertamanya untuk militer selama beberapa tahun yang akan membantu para prajurit di lapangan untuk mendapatkan kekuatan manusia super.

Akan tetapi, X1 sendiri lebih nyaman, lebih mudah untuk disesuaikan dan lebih mudah untuk dicopot daripada alat-alat exoskeleton lainnya, demikianlah penelitian awal terhadap teknologi tersebut di Florida Institute for Human and Machine Cognition dilansir oleh NBCNews.com.

Exoskeleton ini baru dalam tahap penelitian dan pengembangan. Perbaikan di masa mendatang mungkin meliputi persendian tambahan di area pergelangan kaki dan pinggang untuk gerakan yang lebih baik.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge