0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Idul Adha 1433 Hijriyah

PRM Sribit Siapkan Lokasi Penyembelihan Hewan Qurban

Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sribit, Delanggu, Klaten bergotong-royong mempersiapkan lokasi penyembelihan hewan qurban (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriyah yang jatuh pada 26 Oktober 2012, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Sribit, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten mulai menyiapkan lokasi penyembelihan hewan qurban yakni di halaman Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah, Sabtu (13/10).

Sekretaris PRM Sribit, Alibi mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan penyembelihan hingga pembagian qurban di Desa Sribit dipusatkan dalam satu tempat dengan menggunakan lokasi halaman Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah.

“Hanya saja, untuk perayaan Idul Adha tahun 2012 ini kami lebih menyempurnakan lokasi penampungan hewan. Yakni dengan mempersiapkan tempat di sisi utara dan barat halaman Madrasah Diniyah Awaliyah Muhammadiyah,” ujar Alibi disela-sela kegiatan gotong-royong, Sabtu (13/10).

Alibi menjelaskan, penyediaan tempat penampungan hewan qurban yaitu dengan membangun beberapa tiang beton yang dipasangi pipa besi memanjang. Upaya itu untuk memudahkan dalam mengikat hewan-hewan seperti sapi dan kambing yang akan disembelih.

“Untuk menjaga kebersihan lokasi penampungan hewan qurban, kami juga memplester lantai menggunakan beton dengan lebar 2,5 meter dan panjang 40 meter. Selain itu juga membuat saluran drainase agar mudah untuk dibersihkan,” jelas Alibi.

Ketua PRM Sribit, Supriyanta, mengatakan penyempurnaan lokasi penampungan dan penyembelihan hewan qurban bertujuan agar tidak menimbulkan bau yang menyengat usai pelaksanaan penyembelihan qurban.

“Tempat penampungan hewan qurban itu bisa menampung sebanyak 30-an ekor sapi dan kambing. Sedangkan hingga Sabtu (13/10), jumlah sapi qurban warga Sribit sudah tercatat sebanyak 23 ekor, dan mungkin masih bisa bertambah,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge