0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aneh, Gentong Besar Bisa Masuk Mulut Goa Kecil

Gentong besar yang ada di dalam Goa Gentong Wonogiri. (dok.timlo.net/aris/ist)

Wonogiri — Keberadaan Goa Gentong di Dusun Klepu, Desa Ngargoharjo, Kecamatan Giritontro, Wonogiri masih menjadi perbincangan warga sekitar. Pasalnya hingga kini mereka tidak habis pikir melihat keanehan yang ada di dalamnya.

Goa Gentong terletak di sebuah perbukitan kapur. Sehingga untuk mencapainya perlu naik bukit dengan bantuan tangga yang telah dipersiapkan di dekatnya. Mulut goa berada di sisi atas (vertikal) bukit, tidak horizontal layaknya goa lain.

Di dalam goa terdapat 4 buah gentong ukuran besar. Tidak ada yang tahu siapa pemilik gentong-gentong tersebut. Hanya saja yang mengherankan bagaimana gentong bisa masuk padahal mulut goa lebih kecil ketimbang ukuran gentong.

“Goa sangat sempit dan hanya bisa dimasuki sekitar 15 orang saja, masuknya pun harus menuruni lubang kecil seukuran tubuh pria dewasa.“ jelas Salino, salah satu tokoh Giritontro, didampingi Paino, Sabtu (13/10).

Keanehan lain, di dasar goa berserakan semacam biji kemiri yang telah membatu. Padahal di tempat itu tidak ditumbuhi tanaman jenis rempah-rempah tersebut.

“Kami tidak pernah tahu siapa yang meletakkan gentong ke dalam goa. Cara memasukkannya bagaimana kami juga tidak mengerti. Yang penting kami tetap menjaga dan tidak merusak barang-barang di dalamnya,“ terang Paino.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge