0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pagelaran Wayang di Eromoko

Semar Kuning, Protes Rakyat Terhadap Penguasa Lalim

Pagelaran wayang kulit dengan lakon Semar Kuning, di Lapangan Eromoko, Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Acapkali penguasa suatu negara malah melanggar peraturan yang dibuatnya. Jika sudah begitu, rakyat pun marah dan memprotes perilaku penguasa tersebut. Lantaran kekuatan rakyat sedemikian berpengaruh, sang penguasa akhirnya kembali ke jalur yang benar.

Demikian alur kisah dari lakon wayang “Semar Kuning”. Sebuah penggambaran atas unjuk kekuatan rakyat yang diwakili tokoh Semar terhadap perilaku tak taat aturan penguasa Negara Dworowati.

“Kisahnya dimulai saat Abimanyu diutus Begawan Abiyoso untuk mencari Wahyu Cakraningrat, dan meminta tolong Semar untuk menjadi penunjuknya, singkat cerita Wahyu Cakraningrat berhasil diraih,” terang Wisanpuro, pengamat wayang asal Wonogiri, Sabtu (13/10) menanggapi pagelaran wayang kulit bertajuk “Semar Kuning” di Lapangan Eromoko Wonogiri, Jumat (12/10) malam dengan Dalang Ki Joko Hadiwidjoyo.

Abimanyu lantas mengajak Semar mampir di Kerajaan Dworowati yang diperintah Bathara Kresna. Disana ternyata Abimanyu tega tidur selama 3 hari dengan Siti Sendari, putri Dworowati, tanpa ikatan pernikahan. Hal tersebut malah dibiarkan saja oleh Bathara Kresna.

Mengetahui itu, Semar marah-marah dan memprotes kelakuan Abimanyu dan Kresna. Namun Abimanyu balik menantang dan membuat emosi Semar memuncak. Semar berubah menjadi raksasa berwarna kuning.

“Abimanyu dibantu Pandawa berperang melawan Semar raksasa, tapi Semar menang sebab dibantu para dewa, kemudian Kresna segera menyadari kekeliruannya dan mengutus Abimanyu untuk meminta maaf dan kembali melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan dan Semar berubah wujud seperti semula,” lanjut Wisanpuro.

Menurutnya, penggambaran wayang lakon Semar Kuning seharusnya dijadikan peringatan bagi penguasa lalim. Tujuannya supaya terus berlaku taat aturan, sebab ada rakyat yang selalu mengawasinya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge