0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wabup Sragen Janji Gratiskan Perawatan Korban Keracunan

Wakil Bupati Sragen, Daryanto (dok.timlo.net/agung)

Sragen —  Keracunan yang dialamin 33 warga RT 013 dan 015, Dukuh Kembangan, Desa Mojorejo, Karangmalang, Sragen, diduga setelah mereka menyantap nasi urap (gudangan) dalam acara syukuran yang diadakan salah seorang warga, Saimin (50). Ke-33 warga yang keracunan tersebut dirawat di Puskesman Kedawung I dan Puskesmas Sambirejo. Mereka rata-rata mengalami gejala mual, pusing, muntah dan buang air besar (BAB) lebih dari 10 kali dalam semalam.

Kepala Puskesmas Kedawung I, dr Wisnu Retnaningsih, Jumat (12/10) menjelaskan, mayoritas warga yang datang ke Puskesmas dalam kondisi lemas akibat dehidrasi. Kendati demikian pihaknya belum bisa memastikan penyebab keracunan yang dialami warga.

“Saya belum bisa memastikan apa penyebab dari kejadian yang dialami warga. Apa yang mereka santap itu berbeda antara satu warga dengan warga lain,” kata dr Wisnu.

Pernyataan hampir sama juga diungkapkan, petugas Puskesmas Sambirejo, Warsito. Dia menguraikan pasien yang datang ke Puskesmas dalam kondisi lemas dan dehidrasi. Hanya saja, pihak Puskesmas Sambirejo telah mengizinkan satu pasien pulang karena kondisi membaik.

Wakil Bupati Sragen Daryanto datang menjenguk para warga korban keracunan. Daryanto berjanji akan mengupayakan agar seluruh biaya pengobatan selama menjalani rawat inap di Puskesmas digratiskan. “Biar nanti kita masukkan dalam anggaran Jamkesda atau lainya. Yang penting masyarakat tidak tambah pusing karena masih harus berfikir biaya,”  kata Daryanto.

Wabup Daryanto menghimbau, peristiwa keracunan tersebut tidak perlu diperpanjang oleh warga yang menjadi korban. Sebab pihak Saimin yang menggelar acara syukuran dipastikan juga mengalami tekanan batin lantaran banyak warga yang sakit setelah menyantap hidangan tasyakuran.

“Sekarang yang bersangkutan (Saimin –Red) juga masih dirawat, jadi tidak perlu saling menyalahkan,“ katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge