0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bank Kian Agresif Incar Nasabah Pelajar

KUNJUNGI BANK-Sejumlah pelajar tingkat sekolah dasar (SD) mengunjungi Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Solo sebagai bagian dari proses pembelajaran perbankan (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Industri perbankan nasional rupanya cukup agresif mengincar kalangan pelajar sebagai nasabah, demi memperbesar segmen pasar. Hal ini tidak lepas dari besarnya potensi yang ada, mengingat segmen tersebut mampu menyumbang sekira 50 persen dari keseluruhan nasabah bank.

Sebagaimana yang dilakukan Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Solo, selain secara intensif menggeber pertumbuhan usaha melalui produk Tabunganku, bank ini juga cukup gencar memasarkan produk tabungan BSM Simpatik ke sekolah-sekolah.

Salah satu strategi yang kini terus dilakukan pihak bank, menurut Manajer Operasional BSM Cabang Solo, Subagyo adalah dengan menggandeng sejumlah sekolah baik tingkat dasar maupun perguruan tinggi. Melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama, hingga kini tercatat sudah lebih dari seratus sekolah yang memanfaatkan produk tabungan pelajar bagi siswanya.

“Kami ingin pelajar itu bank minded, sehingga kalau dewasa mereka sudah terbiasa dengan bank,” ujar Subagyo kepada wartawan, di sela-sela kunjungan pelajar sekolah dasar (SD) ke BSM Cabang Solo, Jumat (12/10).

Oleh sebab itu, guna memperkenalkan institusi perbankan di lingkungan pendidikan, BSM pun tak segan memfasilitasi pelajar tingkat SD untuk berkunjung ke kantor bank setempat. Selain diajarkan proses pembukaan rekening dan menyetor tabungan, pelajarpun dikenalkan dengan mesin ATM sebagai salah satu sarana transaksi.

“Dari sisi rekening memang kecil-kecil dengan rata-rata setoran Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu. Hanya saja potensi pasar pelajar ini memang cukup besar,” kata Subagyo. Adapun untuk produk tabungan BSM Simpatik sendiri telah dilepas ke pasar sejak lima tahun lalu. Khusus terkait pembukaan rekening, calon nasabah diwajibkan menyetor simpanan sebesar Rp 25 ribu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge