0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Budhi Suharto Buka Solo International Tea Festival

Pangsa Pasar Produk Teh di Solo Sangat Besar

Sekda kota Solo Budhi Suharto membuka Solo International Tea Festival (timlo.net - dhefi)

Solo – Solo International Tea Festival (SITF) secara resmi dibuka Jumat (12/10) oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto. Penyelenggaraan event tahunan yang baru pertama kali digelar tersebut sebagai salah satu bentuk penghargaan atas karya insan teh dunia.

Beragam kegiatan dilakukan selama 3 hari, mulai dari pameran teh, workshop sampai dengan ritual minum teh bersama 5 Master Tea dunia. “Saat ini minum teh sudah menjadi lifestyle, kita bisa tahu bagaimana cara mencampur teh, bagaimana cara meracik teh dengan benar dengan dipandu oleh para Master Tea,” kata Ketua Penyelenggara, Arys Buntoro.

Setidaknya, ada 9 negara yang terlibat dalam event yang digelar di Kota Solo tersebut. Di antaranya India, Pakistan, Turki dan sejumlah negara produsen teh terbesar dunia.

Sementara, Ketua Dewan Teh Indonesia, Rachmat Badruddin berharap, penyelenggaraan festival ini diharapkan bisa membangkitkan lagi produktivitas teh Tanah Air yang cenderung melemah. “Selama 10 tahun terakhir, lahan perkebunan teh di Indonesia menyusut sekitar 30 ribu hektar. Konsekuensinya, teh impor masuk ke pasar Tanah Air,” terangnya.

Alasan dilaksanakannya festival tersebut di Solo, lebih disebabkan oleh tingginya pangsa pasar teh di Kota Solo. “Memang Kota Solo tidak mempunyai perkebunan teh. Tapi kami melihat pada pangsa pasar produk teh yang begitu besar di kota ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Widdi Srihanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge