0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cuaca Tak Menentu, Jaga Daya Tahan Tubuh!

Olahraga jalan sehat, salah satu langkah mencapai daya tahan tubuh prima (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri  —  Cuaca yang masih saja tak menentu akhir-akhir ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Banyak orang tak kuat dengan perubahan cuaca itu. Pada akhirnya kesehatan terganggu dan menyebabkan timbulnya penyakit.

Penyakit yang kerap timbul akibat cuaca tak menentu biasanya berupa flu, demam atau pilek. Namun dengan beberapa langkah, penyakit tersebut dapat ditangkal.

“Intinya menjaga daya tahan tubuh, ada beberapa langkah untuk mencapainya, yang penting konsisten dan punya komitmen kuat untuk melakukannya,” kata Marwanto, pebisnis pusat kebugaran di Wonogiri, Jumat (12/10).

Langkah tersebut dimulai mengatur pola makanan. Meliputi menjaga porsi wajar dalam makan, selalu memasukkan unsur fiber atau serat pada makanan dan memastikan higienitasnya.

“Makan berlebih membuat obesitas, cenderung rentan masuknya penyakit, serat juga sangat penting biar tubuh dapat bertahan terhadap serangan penyakit, sumber serat seperti wortel, apel, dan kacang-kacangan, kemudian pastikan makanan selalu higienis, dicuci bersih ” jelas dirinya.

Langkah berikutnya yakni beristirahat teratur dan terukur, olahraga teratur, dan memenuhi kebutuhan Vitamin D. Disebutkan, Vitamin D berfungsi menstimulus sel imun (kekebalan) didapat dari sinar matahari, telur, hati dan ikan.

“Upayakan beristirahat dalam arti tidur berkualitas minimal 6 jam sehari, lalu olahraga yang ringan-ringan jenis kardio semacam jogging, renang, bersepeda, atau jalan sehat, yang penting lakukan semua langkah dengan konsisten,” pungkas Marwanto.

 



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge