0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bibit Perenang Jateng Terus Dicari

Renang (Ilustrasi). (dok.timlo.net)

Solo — Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jateng mulai bergerak cepat untuk menggalakkan program pembibitan. Ya, program untuk ajang pencarian bakat-bakat renang di Jateng. Melalui program “road show” ke beberapa sekolah dengan target sasaran siswa kelas 1 hingga 3 Sekolah Dasar (SD).

Program tersebut sudah dimulai sejak sebulan lalu, dan Blora menjadi tempat yang mendapat kesempatsan pertama. Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov PRSI Jateng, Devi Rahyuanto, mengatakan akan lebih maksimal apabila program pencarian bakat perenang handal dilakukan sejak usia dini.

“Kami ingin membidik perenang-perenang muda yang berbakat. Selain itu, pembibitan juga akan lebih efektif dilakukan sejak usia SD,” kata Devi Rahyuanto, kemarin.

Saat ditanya dengan mengambil sasaran siswa kelas 1-3 SD untuk mengikuti program tersebut, Devi menilai ingin menghapus anggapan bahwa renang merupakan olahraga orang kaya dan hanya dilakukan di kota-kota besar. “Di klub-klub renang misalnya, kebanyakan atletnya justru anak-anak orang kaya. Kalau anak-anak dari keluarga tidak mampu, tentunya sangat sulit untuk dapat berlatih di sebuah klub renang. Padahal bisa saja dari anak-anak ada yang memiliki bakat renang,” lanjutnya.

Kondisi seperti itu menjadi keprihatinan tersendiri bagi Pengprov Jateng. Menilik pencapaian pada PON XVIII Riau kemarin, merupakan catatan kurang bagi atlet renang Kateng. “Hasilnya jauh sekali dengan yang dicapai saat PON Kaltim 2008. Saat itu setidaknya Jateng mampu meraih lebih dari dua emas,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge