0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonogiri Wajib Punya Kawasan Industri

Lokasi calon pabrik tepung tapioka di Ngadirojo, Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Mengingat kian mutlaknya kebutuhan perilaku pro lingkungan bagi investasi, dipandang perlu untuk menetapkan sebuah zona atau kawasan industri di wilayah Wonogiri. Malah keberadaan kawasan industri diakui semakin menarik minat para investor.

Kawasan industri harus lengkap sarananya, yang terpenting memiliki ijin usaha kawasan. Khusus hal ini Pemkab setempat mesti mempunyai kebijakan mempermudah proses pendapatan ijin.

“Daya tarik investasi dipengaruhi keberadaan kawasan yang mantap dari sisi legal, pro lingkungan, sehingga untuk mendukung program Wonogiri Pro Investasi saya kira sudah wajib hukumnya memiliki suatu kawasan industri,” papar Teguh Suprapto dari Lembaga Persepsi Wonogiri di kantornya, Jumat (12/10).

Menurut Teguh, banyak manfaat dari adanya kawasan industri di Wonogiri. Salah satunya untuk mengendalikan pemanfaatan ruang serta meningkatkan upaya pembangunan industri yang berwawasan lingkungan.

“Industri menjadi mudah dikelola, pengawasannya pun mudah sebab tersentral, jika ada perilaku-perilaku yang tidak pro lingkungan dapat segera terdeteksi sehingga jauh-jauh sebelumnya bisa diarahkan ke jalur sebenarnya,” jelasnya.

Sebenarnya, lanjut Teguh, telah ada wacana soal kawasan industri di Wonogiri. Cuma tidak terkomunikasikan dengan baik dan masih terjadi tarik ulur.

“Untuk menentukan wilayah mana yang akan dijadikan kawasan industri sebenarnya tidak terlalu ribet, yang penting ada kesesuaian tata ruang, sarana termasuk akses jalan tersedia, ramah lingkungan efisien dan aman, serta pertimbangkan konsultasi ke publik,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge