0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Umat Khong Hu Cu Peringati Kelahiran Nabi Khongchu

Kirab peringati kelahiran Nabi Khongcu, Kamis (11/10). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Umat Khong Hu Cu di Solo memperingati kelahiran Nabi Khongchu di Lithang Gerbang Kebajikan di Jl Yap Tjwan Bing (Jagalan) No 15, Solo, Kamis (11/10). Berbagai prosesi digelar untuk merayakan kelahiran Nabi umat Khong Hu Cu tersebut, salah satunya adalah kirab barongsai.

Peringatan Nabi yang lahir pada 27 bulan 8 imlek 551 SM tersebut diawali dengan prosesi pembacaan doa oleh XS. Tjhie Tjay Ing yang merupakan pemuka agama Khong Hu Cu. Usai prosesi pembacaan doa dilanjutkan dengan pemberkatan terhadap Liong dan Barongsai yang akan dikirab mengelingi sekitar daerah Purwodiningratan.

Rute yang diambil dalam kirab tersebut meliputi Jl Yap Tjwan BingĀ  ke selatan tembus ke Jl Ir. Juanda, lalu masuk ke Jl Kanggotan. Sampai di Kelurahan Purwodiningratan kembali lagi ke Lithang Gerbang Kebajikan.

Ketua pelaksana acara menyambut hari kelahiran Nabi Khongcu, Adjie Chandra mengatakan, prosesi tersebut merupakan wujud penghormatan kepada Nabi Khongcu karena telah mengajarkan kebaikan diantara umat manusia. Disamping itu juga diadakan acara kirab liong serta barongsai yang merupakan simbol kebaikan dan mendatangkan kebaikan.

“Dalam rangka penyambutan hari kelahiran Nabi Khongchu ini kami mengadakan beberapa rangkaian acara diantaranya kirab liong dan barongsai, disamping itu juga akan diadakan kirab sesajian yang akan diadakan tengah malam nanti,” ujarnya ditemui di sela-sela acara.

Adjie mengatakan, peringatan hari lahir Nabi Khongchu saat ini merupakan yang ke-2563 bertepatan tanggal 12 Oktober 2012. Diharapkan dengan diadakannya rangkaian acara tersebut, hal-hal buruk yang saat ini menyelimuti bisa sirna dan berganti dengan kebaikan.

“Semoga melalui acara ini bisa mendatangkan berkah bagi semua,” ungkap Ketua Perkumpulan Liong dan Barongsai Tripusaka tersebut.

Dari informasi yang diperoleh Timlo.net, hari kelahiran Nabi tersebut juga akan diperingati dengan Thiam Hio, yakni peneguhan iman, serta arak-arakan sesajian pada tengah malam Jumat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge