0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

M2M, Andalan Bisnis Seluler Masa Depan

Ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Bisnis layanan machine to machine (M2M) belakangan menjadi sektor andalan operator seluler. Tak pelak, perusahaan penyedia layanan komunikasipun mencoba menggandeng perusahaan yang berpengalaman di bidang M2M guna mengembangkan bisnisnya.

Sebagaimana yang dilakukan PT XL Axiata Tbk (XL), dikatakan direktur teknologi, content & new business perusahaan setempat, Dian Siswarini, guna mengembangkan layanan lebih lanjut, XL bermitra dengan sejumlah perusahaan yang bermain di bidang M2M untuk menyediakan sejumlah layanan yang relevan bagi masyarakat.

“Kami bekerjasama dengan Ericsson untuk mengimplementasikan platform (sistem) M2M yang akan memberikan keleluasaan bagi XL untuk mengembangkan produk dan layanan M2M secara end to end,” tambahnya dalam siaran pers yang diterima Timlo.net, Kamis (11/10).

Presiden Direktur Ericsson Indonesia, Sam Saba, memerkirakan pada 2020 akan ada lebih dari 50 miliar peranti terkoneksi di seluruh dunia. Tentunya sangat banyak keuntungan dari konektivitas yang akan selalu terhubung mulai dari telepon seluler (Ponsel), mobil, lemari es hingga mesin cuci.

“Karenanya, M2M akan menjadi komponen penting dalam menentukan masa depan pertumbuhan industri seluler di dunia dan Indonesia khususnya,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge