0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Sragen: Berpolitiklah dengan Cerdas

Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman ketika memberikan pengarahan peserta Seminar Penguatan Pendidikan Politik Masyarakat, Kamis (11/10). (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman membuka Seminar Penguatan Pendidikan Politik Masyarakat dengan tema Kecerdasan Politik Kunci Sukses Demokrasi, di Ruang Sukowati Kantor Setda Sragen, Kamis (11/10) siang.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Propinsi Jawa Tengah tersebut diikuti oleh puluhan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari Kecamatan Masaran, Sragen Kota dan Kecamatan Sidoharjo.

Dalam sambutannya, Bupati menggarisbawahi berpolitik itu adalah jalan untuk  memperoleh kekuasaan. Namun etika berpolitik yang baik adalah setelah memperoleh kekuasaan tersebut,  langkah apa yang harus dilakukan. Bupati sendiri menyampaikan alasannya berpolitik adalah untuk mensejahterakan masyarakat sebagai wujud hutang budi kepada pendiri dan pahlawan Indonesia.

Kepada peserta seminar dan masyarakat, Bupati Agus berharap bagi yang ingin terjun ke dunia politik harus menempuh cara berpolitik yang baik, untuk kepentingan umum bukan untuk kepentingan pribadi maupun golongan.

“Berpolitiklah yang beretika. berpolitiklah yang cerdas dan tidak berpemikiran sempit dan perbedaan latar belakang dan pandangan politik hendaknya tidak menghambat pencapaian tujuan bersama,” pintanya.

Sementara, dalam, perwakilan Kesbangpolinmas Propinsi Jawa Tengah, Joko Santosa Raharjo menerangkan, tujuan seminar tersebut adalah untuk menyamakan pemahaman kepada segenap elemen masyarakat akan arti penting demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Meningkatkan pemahaman demokrasi yang sesuai dengan empat pilar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Ada 3 narasumber dalam kegiatan ini, yakni Perwakilan Bakesbangpolinmas Propinsi Jawa Tengah, Slamet Sujono, Dosen FISIP UNDIP, M Yulianto, dan Kepala Bakesbangpolinmas Sragen, Suharto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge