0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia, 6 Cara Agar Toko Online Laris Manis

Fitra Jaya, dalam kelas Akber Solo ke-40 “Berbisnis Online (E-commerce)” di IT Mall Solo Center Point, Kamis (11/10) pukul 15.00. (Dok:Timlo.net/Ranu )

Solo — Ada banyak orang mulai mencoba terjun dalam bisnis online dan mulai membangun toko online. Tapi banyak yang mengeluh bahwa toko online mereka sepi pembeli, padahal toko mereka sudah banyak dikunjungi bahkan nangkring di posisi pertama dalam pencarian Google.

Nah, ternyata ada cara-cara untuk membuat toko online kita laris. Hal ini disampaikan oleh Fitra Jaya Saleh, pembicara dalam kelas Akademi Berbagi (AkBer) Solo ke-40 “Berbisnis Online (E-commerce)” yang diadakan di IT Mall Solo Center Point, Purwosari, Solo, Kamis (11/10) siang.

Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan supaya toko online Anda mulai memberikan keuntungan:

1.  Bangun Kepercayaan

Bisnis online di Indonesia bisa dikatakan relatif baru, dan tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang ragu dan takut akan adanya penipuan bila mereka membeli barang secara online. Karena itu kita perlu membangun  kepercayaan. “Kalau kita memiliki toko online entah dalam bentuk website sendiri atau di Facebook, kita harus menyertakan informasi-informasi mengenai kita selaku penjual secara detail supaya para calon pembeli percaya,” terang pengusaha online sekaligus pemilik jaringan warnet di Solo tersebut.

Informasi yang harus dicantumkan adalah nomer telepon, alamat rumah (toko), nomer rekening bahkan foto kita. Kita juga harus menyertakan foto bukti pengiriman, paket barang dll.

2. Mudah dihubungi

Salah satu kesalahan yang dilakukan orang dengan toko online yang mereka miliki adalah mereka mencantumkan nomer HP (handphone) yang tidak bisa dihubungi atau sering tidak aktif. Hal ini akan menimbulkan kecurigaan dari para calon pembeli. Karena itu usahakanlah untuk memiliki nomer HP yang aktif.

3. Respon cepat

Para pemilik toko online selain mudah dihubungi, mereka harus merespon dengan cepat setiap pertanyaan dan juga pemesanan yang dilakukan pembeli. Dengan demikian para pembeli kita akan puas dengan layanan kita.

4. Full disclose

Kita juga harus memberikan informasi yang mendetail mengenai jasa atau produk yang kita tawarkan. Seandainya kita menjual pakaian lewat toko online kita jangan ragu untuk memberikan keterangan detail seperti bahan kain yang digunakan, ukuran baju, dan harga.

Bahkan seandainya perlu, kita menciptakan sebuah katalog yang bisa didownload sehingga kita bisa memberikan informasi yang cukup.

5. Layout harus menarik

Bila kita memutuskan untuk membuat sebuah website atau blog sebagai toko online kita, kita harus berusaha untuk membuat web atau blog dengan layout yang menarik dan profesional sehingga para pembeli percaya untuk membeli.

6. Mendukung banyak sistem pembayaran

Salah satu kendala yang membuat orang malas membeli di toko online kita adalah karena terbatasnya sistem pembayaran yang kita tawarkan.  Alangkah baiknya untuk membuka rekening di bank-bank besar yang umum dipakai orang untuk berbisnis bahkan bila perlu kita juga bisa menerima sistem pembayaran yang umum digunakan untuk  bisnis online seperti Paypal.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge