0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Medan Susah Dijangkau

Kebakaran Hutan Gunung Lawu Sulit Dipadamkan

Jalur pendakian ke Gunung Lawu, di Cemoro Kandang (dok.timlo.net/gading rini)

Karanganyar —  Kebakaran hutan di puncak Gunung Lawu sangat sulit dijangkau petugas, sehingga proses pemadaman pun mengalami kendala. Pasalnya hutan yang terbakar, yakni di Hargo Tiling tergolong masih perawan atau belum pernah didatang pendaki.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Heru Pratama Adji Kristanto saat dihubungi Timlo.net melalui telepon mengatakan, kendala utama dalam mengatasi kebakaran hutan di Hargo Tiling karena  medanya sulit. “Wilayah yang terbakar di sekitar Hargo Tiling Petak 6.3 F sebanyak 20 hektar dan G seluas 10 hektar. Jadi total keseluruhanya 30 hektar yang terbakar. Kendala utamanya untuk proses pemadaman ya karena hutan yang terbakar masih perawan, belum pernah di datangi pendaki, jadi medannya masih sulit,” jelasnya

Lalu, kira-kira kapan akan pemadaman kebakaran hutan Gunung Lawu dilakukan? “Pemadaman baru dimulai besok pagi (Jumat 12/10). Sekitar jam 05.00 WIB kami berangkat. Kami terus berkordinasi dengan Perhutani, TNI, Polri, PMI, AGL dan relawan. Kami berharap besok setelah adanya tidakan, api cepat padam agar tidak merembet ke wilayah lain,” ujarnya.

Sementara ASPER (Asisten Perhutani) Lawu Utara Tawangmangu, Farhan sampai berita ini diturunkan belum bisa dihubungi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge