0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Investor Dilarang Rusak Lingkungan Wonogiri

Sosialisasi Hasil Pembangunan di R. Data Wonogiri, Kamis (11/10). (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Purbayu Budi Santoso menyebut investor harus berlaku bijak dalam mengelola bisnisnya. Perilaku bijak ini tercermin dalam kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Demikian diutarakan Purbayu pada Sosialisasi Kebijakan dan Hasil-hasil Pembangunan Kabupaten Wonogiri tahun 2012 di Ruang Data komplek Setda, Kamis (11/10). Acara diikuti kalangan ormas, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan Organisasi Profesi Pers.

Purbayu mengatakan mendampingkan lingkungan hidup mutlak dilakoni investor. Pasalnya persoalan lingkungan hidup telah menjadi isu global dan merupakan salah satu poin dalam MDG’s (Millenium Development Goals), sehingga telah dijadikan kesepakatan seluruh negara di dunia.

“Maksudnya mendampingkan antara perilaku bisnis investor dengan keselarasan lingkungan hidup, jangan sampai demi mengejar keuntungan lantas menelantarkan bahkan merusak lingkungan ” papar Purbayu.

Dicontohkan pria bertubuh tinggi ini, penelantaran lingkungan yang tidak sesuai dengan konsep mendampingkan itu telah terbukti di Provinsi Kalimantan Tengah. Dimana kerusakan lingkungan begitu hebat lantaran perilaku tak bijak kalangan investor.

“Saya sudah datang ke sana dan melihat secara langsung kerusakan itu, dan itu jelas-jelas melanggar regulasi. Dan saya mohon Wonogiri jangan sampai seperti itu, tolong pihak Pemkab, ormas,LSM, atau pers mengawasi perilaku investor ” harap Purbayu.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge