0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bara Usul Wawali Solo Dipilih Rakyat Langsung

Massa Barisan Rakyat Surakarta (Bara) saat menggelar aksi di depan Gedung DPRD Solo, Kamis (11/10) (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Menjelang kekosongan kursi Wakil Walikota (Wawali) Solo dengan naiknya FX Hadi Rudyatmo menjadi Walikota, suhu politik di Kota Bengawan pun mulai menghangat.

Kamis (11/10), ratusan masyarakat yang menamakan dirinya Barisan Rakyat Surakarta (Bara) mendatangi DPRD Solo. Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi terkait posisi calon Wawali Solo.

Dengan membawa spanduk bertuliskan tuntutannya, massa sempat melakukan orasi di depan Kantor DPRD. Setelah berorasi mereka ditemui anggota Komisi IV Paulus Haryoto yang kemudian mempersilahkan mereka masuk ke ruang paripurna DPRD untuk menyampaikan tuntutan mereka.

Koordinator Bara, Kusumo Putro, mengatakan pihaknya menyampaikan beberapa pernyataan sikap kepada DPRD di antaranya mendukung pemerintahan FX Hadi Rudyatmo. Selain itu Bara akan memonitoring dan kontroling pemilihan Wawali Solo agar berjalan bersih tanpa adanya unsur transaksional di DPRD.

“Kami mengusulkan pemilihan Wakil Walikota secara langsung oleh rakyat. Hal ini agar Wakil Walikota terpilih sesuai dengan kehendak rakyat,” beber Kusumo Putro.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Paulus Haryoto yang menerima Bara mengaku akan menyampaikan aspirasi mereka ke pimipinan Dewan. “Tentu aspirasi yang disampaikan kami terima untuk disampaikan kepada Pimpinan Dewan. Mungkin dalam 1 minggu sudah ada jawabannya,” ujar legislator PDIP ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge