0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekda Solo: PNS Harus Mandiri

Walikota Solo Joko Widodo menjadi Pembina Upacara Hardiknas di Balaikota (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Perilaku disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam menjalankan aktivitas kerjanya harus dipupuk secara mandiri. Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budhi Suharto kepada wartawan, Kamis (11/10) menyikapi banyaknya PNS yang melakukan tindakan indisipliner.

Rabu (10/10) kemarin, sebanyak 642 PNS di lingkungan Pemkot dikumpulkan di Balaikota Solo untuk mendapatkan pembinaan. Mereka telah melakukan tindakan indisipliner karena mangkir dalam upacara yang dilakukan Pemkot dalam kurun waktu tahun 2012 ini.

Sekda menegaskan, dalam diri setiap PNS harus dipupuk kesadaran secara mandiri, artinya jangan tergerak kalau diperintah saja. “Perlu dijaga sebuah kontinuitas proses penegakan kedisiplinan menjadi sebuah kebutuhan organisasi,” kata sekda.

Kepada PNS yang melakukan tindakan indisipliner, sanksi yang diterapkan sudah jelas. Sesuai dengan PP No 53/2010, seorang PNS akan diberhentikan dari jabatannya jika orang tersebut melakukan tindakan indisipliner dengan akumulasi ketidak hadiran selama 46 hari dalam kurun waktu satu tahun.

Budhi juga menegaskan, setiap Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga harus bertanggung jawab pada bawahannya. “Secara berjenjang, Kepala SKPD harus ikut bertanggung jawab,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge