0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Festival Ramayan, ISI Solo Usung Hanoman Duto

Solo — Festival Ramayana tingkat Nasional akan digelar di Panggung Terbuka Ramayana Prambanan, 12 – 15 Oktober. Festival yang menceritakan fragmen tentang Ramayana dengan cerita penuh tersebut nantinya akan dibawakan oleh 9 perwakilan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Cerita Ramayana yang dibagi menjadi 9 fragmen pertunjukan di antaranya Sayembara Mantili, Sinta Ilang, Sugriwa-Subali, Hanoman Duta, Rama Tambak, Anggada Duta, Kumbakarna Gugur, Rahwana Gugur dan Api Suci nantinya akan dibawakan secara khas berdasarkan daerah-daerah yang mengangkat tiap fragmen pertunjukan Ramayana. Hal ini  dijelaskan Wahyu Santoso, selaku Koreografer ISI (Institut Seni Indonesia Surakarta), kemarin.

Menurutnya, Solo khususnya ISI Surakarta akan mewakili Jawa Tengah untuk tampil di Festival Ramayana tingkat Nasional tersebut dengan membawakan fragmen Hanoman Duta. Disamping nanti ada beberapa daerah seperti Yogyakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali dan Yayasa Roro Jonggrang.

“ISI Surakarta akan mewakili Jawa Tengah dalam festival yang diadakan di Panggung Terbuka Ramayana Prambanan,” ujar Wahyu Santoso saat jumpa pers di Wisma Seni, Rabu (10/10).

Dalam penampilannya di Festival Ramayana tingkat Nasional, lanjut Wahyu, akan dilibatkan sekitar 100 orang meliputi penari, perngrawit, penata cahaya dan kru lainnya. Mereka akan menampilkan suatu babak cerita yang jarang diangkat dalam Hanoman Duta. Yaitu, adegan saat Hanoman bertemu dengan saudaranya yang bernama Palasiya. Wujud Palasiya sendiri merupakan raksasa kera putih (Buta Putih) yang ditugaskan Rahwana untuk menjaga Dewi Sinta. Akhirnya Hanoman dan Saudaranya tersebut bertarung. Akhirnya Palasiya dapat dikalahkan dan menyatu dengan Hanoman, sehingga nantinya ada sebuah adegan yang memperlihatkan hanoman menjadi seekor raksasa besar yang merupakan perwujudan dari saudaranya tersebut.

“Adegan ini jarang sekali dipentaskan, maka dari itu kita mencoba untuk mengangkatnya,” ungkapnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge