0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mbah Prapto Sibuk Gelar Budaya Nusantara

Suprapto Suryodarmo (Mbah Prapto) (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Gelar Budaya Nusantara 2012 dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia akan diselenggarakan mulai dari tanggal 27-29 Oktober 2012 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Dengan mengambil tema “Ritus-ritus Budaya Pangan Sedunia”, Gelar Budaya Nusantara tersebut nantinya akan menampilkan ritus-ritus terhadap panen dan hasil bumi dari beberapa daerah di Indonesia. Acara tersebut nantinya juga akan menunjukkan keunikan dan pesona kebudayaan dari tiap daerah di Nusantara.

Ketua Panitia acara Gelar Budaya Nusantara 2012, Suprapto Suryodarmo, di Solo, kemarin menjelaskan, Gelar Budaya Nusantara 2012 akan menampilkan upacara-upacara yang berkaitan dengan pangan dari delapan komunitas adat. Di antaranya dari Kasepuhan Cisitu dan Kasepuhan Cisungsang dari Banten, Paninjauan asal Sumatera Barat, dan Tutup Ngisor dari Jawa Tengah. “Untuk Jawa Tengah nantinya akan diwakili oleh Komunitas Tutup Ngisor dari Magelang,”ujar pria yang akrab dipanggil Mbah Prapto tersebut.

Selain itu, Lanjut Mbah Prapto, juga ditampilkan kesenian dan budaya Dayak Kayan Bahau dari Kalimantan Timur, Osing Banyuwangi asal Jawa Timur, Manggarai dari NTT, serta Ngata Toro yang berasal dari Sulawesi Tengah. Ke delapan komunitas ini akan melakukan upacara di instalasi seni  berbentuk sawah yang akan dibangun  di sekeliling Monumen Tugu Api Pancasila TMII.

Tidak hanya kebudayaan daerah, Gelar Budaya Nusantara 2012 juga akan menampilkan kebudayaan dari luar negeri. “Ada banyak budaya yang akan ditampilkan di sini tiap harinya, juga ada pertunjukan budaya dari Meksiko, Philipina, Jepang dan Amerika. Selain itu juga ada acara diskusi, workshop dan lomba foto yang dapat diikuti semua  lapisan masyarakat,” tambahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge