0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Pelecehan Seksual, Disdik Panggil Kasek

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen, Joko Saryono. (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten SragenJoko Saryono, menyatakan, pihak Disdik telah menindaklanjuti kasus penganiayaan dan pelecehan seksual yang dilakukan 9 siswa kelas VI SD Negeri Jabung 2 Plupuh, Sragen kepada salah seorang siswi berinisial LN. Joko telah mengumpulkan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Plupuh, Pengawas, Kasek dan wali kelas VI di salah satu SD negeri di Jabung, Plupuh, Rabu (10/10) siang.

Dia meminta Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Plupuh beserta pengawas SD melakukan evaluasi menyeluruh terhadap Kasek atau wali kelas VI terkait kejadian itu. Mereka juga diminta membuat laporan tertulis untuk diteruskan kepada bupati.

Menanggapi permintaan wali murid maupun tokoh masyarakat untuk memindah Kasek dan wali kelas VI, Joko menyatakan hal itu tidak bisa serta merta dilakukan. Alasannya, proses mutasi dan promosi harus berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 53.

“Soal mutasi akan menjadi evaluasi Dinas Pendidikan. Kami tidak bisa langsung mutasi. Harus ada proses klarifikasi. Kalau hasil evaluasi menyatakan buruk dan harus dipindah maka kami pindah. Tetapi terlebih dahulu Dinas Pendidikan akan melakukan pembinaan,” kata Joko didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Suwardi, di ruang kerjanya, Rabu (10/10).

Sementara dari hasil verifikasi tim Disdik diperoleh informasi, ketika kejadian dugaan penganiayaan dan pelecahan seksual kepada LN (12), wali kelas VI sedang meninggalkan ruang kelas untuk menyelesaikan pekerjaan di ruang guru. Saat itu, dia memberikan tugas kepada siswa. Namun bukannya mengerjakan tugas, 9 siswa tersebut justeru mengganggu LN, yang akhirnya berujung pada penganiayaan dan pelecehan seksual.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge