0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mnejelang Idul Kurban

Cegah Antrax, Sapi Daerah Endemi Divaksin

Sapi kurban harus bebas penyakit Antrak (Dok.Timlo.net/ Nanin)

Boyolali — Tidak ingin kecolongan seperti tahun kemarin, Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Boyolali mulai melakukan vaksinasi di daerah-daerah endemi Antrax dan daerah perbatasan. Petugas melakukan vaksinasi dengan mendatangi langsung ke lokasi. Vaksin diberikan secara gratis.

Vaksinasi Antrax diprioritaskan bagi hewan ternak sapi dan kambing. Seluruh hewan ternak sapi dan kambing yang ada didaerah endemi divaksin. Kecuali hewan ternak yang sedang bunting. Beberapa daerah endemi yang saat ini mendapat vaksin di antaranya Ampel, Selo, Karanggede, Mojosongo, Simo, Klego, Kemusu dan Andong.

Vaksinasi massal diwilayah-wilayah endemi sengaja dilakukan sebagai antisipasi untuk mencegah berjangkitnya kembali penyakit Antrax di wilayah Boyolali. Sekaligus sebagai bentuk kewaspadaan menjelang Hari Raya Idul Adha,

Menurut Kepala Disnakan Boyolali, Darsono, Rabu (10/10), petugas sudah dijadwalkan untuk vaksinasi. Selain petugas veteriner, juga diikutsertakan dokter hewan. Sementara vaksin diberikan khusus untuk sapi dan kambing.

Dijelaskan juga, pihaknya tidak ingin kecolongan seperti tahun 2011 lalu dimana terdapat sembilan warga Dukuh Tangkisan, Desa Karangmojo, Klego terkena Antrax. Mereka sebelumnya mengonsumsi daging sapi yang sakit sebelum disembelih. Warga yang terkena Antrax merasakan pusing dan dibagian tubuh terdapat luka. Luka tersebut kemudian melepuh dan berwarna kehitam-hitaman. Dari hasil pemeriksaan medis, warga Tangkisan menderita Antrax kulit.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge