0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mangkir, Ratusan PNS Pemkot Solo Dibina

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budhi Suharto (dok.timlo.net/dhefi)

Solo — Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Solo dibina. Mereka dinilai telah melakukan tindakan indisipliner dalam menjalankan tugasnya sebagai PNS.

Dikumpulkan di Balaikota Solo, para PNS tersebut mendapat pembinaan langsung dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Budhi Suharto. Dari catatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, tercatat 970 PNS mangkir dalam suatu kegiatan dalam kurun waktu 2012 ini. Namun setelah dikroscek ulang, jumlah tersebut menyusut menjadi 642 PNS.

Sekda sendiri mengakui, banyaknya tindakan indisipliner yang dilakukan PNS bisa dikategorikan sebagai kegagalan sistem yang ada dalam pemerintahan. Hanya, perlu dicari penyebabnya secara pasti. “Saat ini masih dicari treatment paling sesuai,” kata Sekda Budhi Suharto, Rabu (10/10).

Sementara, menurut Kepala BKD Kota Solo Etty Retnowati, sesuai dengan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS, sanksi kepada PNSĀ  tersebut sudah jelas sesuai dengan mekanisme yang berlaku. “Sanksinya mulai dari pembinaan,” katanya.

Dari jumlah tersebut, tercatat 168 PNS tidak menghadiri upacara 17 Agustus, 361 PNS mangkir saat upacara penurunan bendera 17 Agustus silam. Sebanyak 241 PNS tidak hadir tanpa keterangan dalam presensinya, 28 PNS terjaring saat operasi penertiban selama kurun waktu 2012 ini. Sementara 172 PNS tidak menghadiri acara halal-bihalal yang digelar di halaman Balaikota beberapa waktu lalu.

Sementara, terkait kesalahpahaman dalam penghitungan jumlah pegawai yang mangkir karena ada beberapa alasan. Salah satunya, PNS yang dikira mangkir ternyata sedang menjalani tugas luar. Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bersangkutan kebetulan lupa memberikan laporan terkait keberadaan PNS yang dimaksud.

Alasan lain, PNS yang dikira mangkir sebenarnya mengikuti apel, hanya ia lupa menandatangani presensi kehadirannya. Kepada PNS tersebut, BKD membebaskannya dari sanksi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge