0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beban Listrik PLN Surakarta Melambung

Gedung PT PLN APJ Surakarta (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo —  Beban listrik PT PLN Area Surakarta belakangan cenderung melambung. Kondisi ini tidak lepas dari makin meningkatnya konsumsi listrik di tingkat pelanggan.

Demikian disampaikan Pejabat Humas PT PLN Area Surakarta, Soeharmanto kepada wartawan di sela-sela acara PLN Customer Gathering, di The Sunan Hotel Solo, Rabu (10/10).

Jika beberapa waktu lalu beban listrik PLN saat malam hari masih di kisaran 491 MW, namun saat ini telah mencapai 504 MW hingga 510 MW. Kenaikan ini, menurut Soeharmanto, selain disebabkan lonjakan konsumsi listrik di sektor industri dan bisnis, juga dipengaruhi meningkatnya kebutuhan listrik rumah tangga. Bahkan kecenderungannya saat ini, kenaikan di tingkat pelanggan rumah tangga lebih besar ketimbang sektor industri dan bisnis.

“Ada kecenderungan sekarang naiknya tidak hanya di industri dan bisnis, tapi juga pelanggan rumah tangga. Bahkan, di rumah tangga kenaikannya cukup besar,” katanya.

Kenaikan konsumsi listrik sendiri ditengarai tidak lepas dari makin besarnya penggunaan perangkat teknologi modern di masyarakat. Khususnya di tingkat pelanggan rumah tangga seperti penggunaan gadget maupun perangkat teknologi informasi dan komunikasi lainnya.

Oleh sebab itu, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jawa Tengah-Yogyakarta, Supriyono, mengimbau masyarakat agar senantiasa menghemat penggunaan listrik dalam berbagai kondisi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge