0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TMMD di Kabupaten Klaten

TNI Buka Jalan Tembus Klaten-Boyolali

Danlanud Adi Sumarmo, Kolonel Pnb Kusworo saat menyerahkan tanaman untuk penghijauan usai pembukaan TMMD Reguler ke 89 di Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten — Kodim 0723/Klaten akan membuka betonisasi jalan tembus antar kabupaten yang berlokasi di Desa Sidowayah, Klaten menuju daerah Boyolali. Pembukaan jalan sepanjang 1.500 meter dengan lebar tiga meter ini sebagai rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 89 Tahun 2012 Kabupaten Klaten yang dimulai Rabu (10/10).

Upacara pembukaan TMMD Reguler ke 89 yang digelar di lapangan SMPN 2 Polanharjo di Desa Sidowayah ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Komandan Landasan Udara (Danlanud) Adi Sumarmo, Kolonel Pnb Kusworo didampingi Bupati Klaten Sunarno bersama Muspida.

Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol (Kav) Puji Setiyono selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Reguler ke 89 Kabupaten Klaten dalam paparannya menjelaskan, dana yang dipergunakan sebagai penunjang kegiatan TMMD ini berasal dari APBD Provinsi dan pendamping sebesar Rp175 juta, APBD kabupaten Rp37,5 juta, Bappermas Rp25 juta, DKKS Rp4 juta serta dukungan swadaya masyarakat Rp18,5 juta.

“Sasaran kegiatan di Desa Sidowayah ini di antaranya sasaran fisik berupa pembuatan talud sepanjang 350 meter, betonisasi jalan tembus Sidowayah (Klaten)-Boyolali sepanjang 1.500 meter dengan lebar 3 meter, rehab rumah sehat 5 unit, jamban keluarga 8 unit dan bantuan rehab Masjid 1 unit. Sedangkan non fisik yakni penyuluhan Desk Anti Teror, tehnologi tepat guna, pelayanan KB, penghijauan, olahraga dan gelar seni budaya,” papar Letkol Puji Setiyono.

Dijelaskan, manfaat dari kegiatan TMMD antara lain memperlancar transportasi, meningkatkan sarana prasarana produksi pertanian serta pembukaan lahan pertanian dan ketahanan pangan. Selain itu juga untuk memperindah wajah desa serta menumbuhkan semangat gotong-royong masyarakat.

“Kegiatan ini diselenggarakan selama 21 hari, mulai Rabu (10/10). Untuk kelancaran kegiatan TMMD ini kami mengerahkan kekuatan personel pendukung satu satuan setingkat kompi baik dari TNI, Polri dan instansi terkait serta masyarakat,” jelasnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo selaku penanggungjawab operasional TMMD dalam amanat tertulis yang dibacakan Danlanud Adi Sumarmo, Kolonel Pnb Kusworo, mengatakan, penyelenggaraan TMMD Reguler ke 89 ini terdapat 61 sasaran terutama di daerah pedesaan, daerah rawan bencana, pulau terluar serta daerah kumuh perkotaan.

“Sasaran fisik program TMMD diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge