0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Untuk Memilih Suplemen

(Ilustrasi) Vitamin C pada jeruk bisa menetralisir efek mengikat zat besi pada teh hijau. (Dok: Timlo.net/Abednego Afriadi)

Timlo.net — Ada banyak suplemen beredar di pasaran saat ini. Dan kadang-kadang banyaknya pilihan ini membuat kita bingung untuk memilih suplemen mana yang harus kita pilih. Nah, ternyata para ahli medis tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsi semua suplemen yang beredar di pasaran. Dan hanya menganjurkan beberapa suplemen.

Supaya kita tidak bingung, Dr Oz, seorang ahli bedah kardiotoraks memberikan beberapa saran untuk memilih suplemen yang tepat untuk tubuh kita. Dalam situs resminya, doctoroz.com, dia memberikan saran supaya kita tidak meminum lebih dari lima suplemen per hari.  Karena mengkonsumsi lima suplemen per hari bisa menimbulkan efek negatif yang ditimbulkan dari interaksi antar pil suplemen.

Inilah daftar tiga suplemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan panduan untuk memilih produk terbaik untuk masing-masing jenis suplemen:

1. Multivitamin

Memang secara ideal, semua nutrisi kita seharusnya diperoleh dari sebuah diet kaya buah dan sayuran. Tapi  suplemen multivitamin bisa mengurangi resiko kehilangan nutrisi penting. Sebuah suplemen multivitamin bisa memastikan kita mendapatkan semua vitamin dan mineral yang penting sesuai jumlah yang direkomendasikan setiap hari, dan mencegah kita terkena penyakit kronis seperti kanker payudara, kanker usus besar dan penyakit jantung.

Pilih multivitamin yang terdiri dari 10 vitamin dan 10 mineral termasuk vitamin A,C, D, E, K dan mineral seperti potasium dan zinc. Pastikan suplemen multivitamin tersebut mengandung iodine, sebuah mineral yang penting untuk jantung, kelenjar gondok, otak dan organ-organ vital lainnya.

Saat hendak membeli multivitamin, pastikan bahwa di botol tersebut dilabeli 100 % Daily Value (DV). Sebagai tambahan, hindari suplemen dengan dosis berlebih yang mengandung 500 % DV. Karena pertimbangan bahwa kita juga akan mengkonsumsi vitamin dan mineral dari makanan alami.

Terakhir, konsumsi multivitamin tersebut dalam dua bagian. Misalnya bila dosis anjurannya adalah satu pil per hari. Minum setengah pil di pagi hari dan setengah pil pada malam hari supaya penyerapan vitamin bisa efektif.

2. Asam Lemak Omega-3/ Minyak ikan

Asam lemak Omega-3 adalah lemak superstar yang bisa meningkatkan kinerja otak, melindungi jantung dan arteri, melawan kerut wajah, melumasi sendi, dll. Ada beberapa tipe asam lemak omega-3:

-Alpha-linelenic acid (ALA) ditemukan pada walnut, flaxseeds dan minyak zaitun.
-Docosahexaenoic acid (DHA) ditemukan umumnya pada minyak ikan.
-Eicosapentaenoic acid (EPA) juga ditemukan pada minyak ikan.

Tidak semua suplemen omega-3 atau minyak ikan itu sama. Yang paling penting adalah saat Anda membeli suplemen omega-3 pastikan suplemen tersebut mengandung DHA sebesar 600 mg. DHA adalah asam lemak yang membentuk sebagian besar jaringan otak. DHA tidak  hanya berfungsi mendukung fungsi otak, tapi juga memperbaiki kemampuan otak menyimpan dan menggunakan energi. Zat ini juga baik untuk melawan depresi.

Minum suplemen ini saat sarapan. Untuk menyimpan minyak ikan supaya lebih awet, simpan di kulkas.

3. Kalsium dan Magnesium

Tanpa kalsium dalam diet Anda, tubuh akan mengambil mineral ini dari tulang-tulang Anda sehingga tulang itu melemah. Kalsium dikombinasikan dengan magnesium tidak hanya memperbaiki tulang tapi juga menjaga gigi dan otot tetap sehat. Sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi kedua mineral ini secara bersamaan. Karena bila kita hanya mengkonsumsi kalsium akan menyebabkan sembelit, sementara magnesium akan mencegah efek samping ini.

Pilihlah suplemen yang mengandung 600 mg kalsium dengan 400 mg magnesium dan minum satu pil per hari. Ingatlah selalu minum pil itu dengan segelas air. Janwan meminum suplemen ini dalam waktu 1-2 jam setelah Anda meminum multivitamin karena kalsium bisa memblok tubuh untuk menyerap nutrisi-nutrisi lain.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge