0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Fitur-fitur Baru Firefox 16

Logo Firefox. (Dok:Timlo.net/Ranu Ario)

Timlo.net — Sebuah versi baru Firefox telah dirilis, Selasa (9/10). Firefox 16 tidak memiliki begitu banyak fitur baru seperti update sebelumnya, terutama untuk para pengguna awam.

Tapi, versi terbaru ini menawarkan kesempatan bagi para delevoper Web untuk mendapatkan dukungan penuh dari Mozilla untuk mengembangkan HTML5.

Sejumlah kode HTML5 “tidak diawali”, yang berarti Mozilla telah memutuskan bahwa HTML5 telah cukup dewasa untuk berjalan di browser ini tanpa menyebabkan ketidakstabilan.  Fitur-fitur HTML5 tersebut adalah CSS3 Animations, Transforms, Transitions, Image Values, Values dan Units, dan IndexedDB. Dua Web API yang penciptaaan dibantu oleh Mozilla: Battery API dan Vibration API juga sekarang “tidak diawali”.

Beberapa perubahan ini menolong menjaga Firefox tetap kompetitif, tapi juga mengirim sebuah sinyal kepada para pengembang bahwa Mozilla berpikir bahwa merupakan hal yang cukup bagus bagi para pengembang untuk mulai mengadopsi teknologi-teknologi di atas di dalam website mereka.

Sementara itu, Firefox 16 untuk Android memiliki sebuah Reader Mode untuk mempersingkat artikel dan membuat kita membagi artikel dengan lebih mudah. Saat Reader Mode tersedia, sebuah ikon akan muncul di bar lokasi. Klik bar ini, dan artikel yang Anda baca akan diformat ulang, mengubah ukuran gambar dan membuat font huruf lebih besar dan menghilangan iklan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge