0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Grebeg Pangan Gemah Ripah Loh Jinawi

Aneka Makanan Sehat Soloraya Diarak di CFD

Grebek Pangan Sehat tahun 2011 (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo — Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, Minggu (14/10) digelar Grebeg Pangan Sehat 2012 di sepanjang jalur Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi Solo. Rencananya dalam grebeg tersebut akan diusung sedikitnya lima gunungan yang berisi berbagai makanan sehat akan diarak mulai dari Lapangan Kota Barat hingga depan Plasa Sriwedari.

Grebeg Pangan kali ini mengambil tema “Gemah Ripah Loh Jinawi” Sumber pangan yang akan ditampilkan tidak hanya dari Kota Solo, tetapi dari seluruh wilayah Soloraya.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Solo, Rohanah mengungkapkan, event tersebut sekaligus sebagai sosialisasi mengenai jenis-jenis makanan sehat yang ada di Solo dan sekitarnya yang ternyata lebih mudah dijangkau. “Kita manfaatkan event ini untuk melakukan sosialisasi makanan sehat kepada masyarakat dan sekaligus sebagai peringatan Hari Pangan Sedunia,” katanya saat dihubungi Timlo.net, Selasa (9/10).

Menurutnya, Grevek Pangan dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa di Solo ternyata banyak terdapat jenis-jenis makanan yang terindikasi makanan tidak sehat. Makanan tidak sehat yang diperjualbelikan dalam bentuk makanan siap saji maupun mentah tersebut tersebar di berbagai tempat. “Misalnya saja di lingkungan masyarakat, di mall, bahkan di lingkungan sekolah, ternyata banyak beredar makanan yang tidak sehat,”ujarnya.

Selama ini masih ada pandangan sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa makanan impor kualitasnya lebih baik dari makanan lokal. Padahal kondisi yang sebenarnya, Indonesia memiliki beragam jenis makanan sehat. Bahkan harganya pun sangat terjangkau sehingga mudah untuk didapatkan. “Melalui acara Grebeg Pangan Sehat ini, kita kenalkan jenis-jenis makanan tradisional Solo atau Indonesia yang sehat yang selama ini terlupakan dapat kembali dikenalkan,” paparnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge