0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Melihat Kursi SD yang Pernah Diduduki Pak Harto

Kursi yang pernah dipakai mantan Presiden Soeharto ketika bersekolah di SD Negeri 1 Wuryantoro, Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri —  Kursi yang menjadi tempat duduk mantan Presiden Soeharto kala SR (SD jaman dulu) kini tersimpan di Museum Wayang Pak Bei Tani, Wuryantoro, Wonogiri. Sayang meski dianggap termasuk barang bernilai sejarah, tak banyak yang melirik keberadaannya.

Kursi bekas tempat duduk Soeharto terbuat dari kayu jati. Konstruksinya masih bergaya lawas. Antara meja dengan tempat duduknya menjadi satu dan bisa dipakai sekitar 2 sampai 3 orang anak.

Pada beberapa bagian kursi terdapat goresan-goresan dari paku dan benda tajam lain. Ada yang menduga goresan itu bikinan Soeharto lantaran iseng.

“Dulu kursi ada di sekolah tempat Pak Harto kecil (SD Negeri 1 Wuryantoro –Red), terus waktu museum dibangun sekitar tahun 2004 kursi ditaruh di sini, supaya sekalian menarik pengunjung ” jelas Wagiyo (58) warga Kelurahan Wuryantoro, Selasa (9/10).

Sementara beberapa siswa pengunjung Museum Wayang mengaku tidak tertarik dengan kursi tersebut. Mereka malah asyik memperhatikan wayang-wayang koleksi museum.

“Kursinya biasa saja, tidak ada yang menarik Mas, kita tahunya kalau itu dulu pernah dipakai Pak Harto ‘kan dari tulisan di atas kursi, kalau tulisan itu dilepas, maka tidak ada nilai sejarahnya,” tutur Anggraeni, siswi SMP Pracimantoro Wonogiri.

Teman satu sekolahnya, Dias mengusulkan kursi seharusnya tidak ditempatkan di museum. Melainkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati supaya lebih terawat dan semakin menjaga nilai sejarahnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge