0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Datangnya Musim Penghujan

Banjir Ancam 40 KK Warga Tlobong

Warga yang bermukim di Dukuh Kalitengah, Desa Tlobong, Delanggu, Klaten selalu menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Sebanyak 40 kepala keluarga (KK) yang bermukim di Dukuh Kalitengah, Desa Tlobong, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten terancam kebanjiran menyusul datangnya musim penghujan tahun ini (2012).

Kepala Desa Tlobong, Atok Susanto, mengatakan ada 40 KK di RW 08 yang setiap tahun pada musim penghujan selalu kebanjiran. Dataran yang rendah menjadi faktor daerah itu langganan banjir.

“Jika melihat dari tahun-tahun sebelumnya, banjir selalu menjadi langganan warga di Dukuh Kalitengah saat musim penghujan tiba,” ujar Kades Atok saat ditemui di rumahnya, Selasa (9/10).

Atok menjelaskan, datangnya banjir di wilayah itu merupakan luapan air dari tiga sungai, yakni Kali Ngipik, Kali Pusur dan Kali Ori. Selain membanjiri pemukiman warga, banjir juga mengancam puluhan hetare lahan pertanian di Desa Tlobong.

“Saat ini hujan mulai turun. Untuk itu saya menghimbau kepada warga untuk selalu waspada. Terutama mengecek kabel-kabel listrik yang berada di bawah untuk dinaikkan agar tidak korsleting. Mengingat saat banjir, air selalu masuk di dalam rumah warga,” ujar Atok.

Harjo (80) warga Dukuh Kalitengah, menuturkan setiap musim penghujan tiba dirinya selalu was-was. Mengingat saat terjadi banjir, air selalu menggenangi rumahnya hingga 30 sentimeter.

“Saat ini sudah mulai turun hujan. Sebagai langah antisipasi saya hanya mengamankan barang-barang rumah tangga seperti kasur, pakaian, elektronik dan barang penting lainnya. Sebab jika banjir datang, luberan air akan masuk rumah,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge