0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SK Pengangkatan Sebagai Walikota Sudah Siap,

Rudy Dilantik 19 Oktober

FX Hadi Rudyatmo, mantan Ketua Umum Persis Solo (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Calon Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) tinggal menunggu pelantikan dirinya. Rencananya, ia akan dilantik menjadi Walikota Solo pada 19 Oktober mendatang menggantikan Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Saat ini, surat pemberhentian Rudy sudah dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Rudy sendiri masih berada di Jakarta untuk mengurus perihal pelantikan dirinya tersebut.

Ketika dihubungi via telepon, Rudy mengaku Surat Keputusan (SK) pengangkatan dirinya menjadi Walikota Solo sudah ada. “Sesuai dengan mekanismenya, SK tersebut dari Mendagri dikirim kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Kemudian dari Gubernur diteruskan kepada DPRD Solo baru dilaksanakan pelantikan,” kata Rudy kepada wartawan, Selasa (9/10).

Rudy bercerita, dirinya telah menghadap Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) di Kemendagri. “Saya diberi tahu kalau pelantikan Jokowi tanggal 15 Oktober. Mendengar itu, saya minta dilantik setelahnya (Jokowi-red),” terang Rudy.  Akhirnya, diputuskan pelantikan Rudy sebagai Walikota Solo pada tanggal 19 Oktober dan sudah disetujui.

Meski tanggal pelantikannya sudah ditetapkan, namun dari partai pengusung Jokowi-Rudy belum menentukan siapa calon yang akan menggantikan sebagai Wakil Walikota (Wawali). Sesuai dengan UU no. 32 tahun 2004, penentuan calon pengganti Wawali diusulkan tanpa batas waktu. Artinya, tidak ada batasan waktu maksimal bagi partai pengusung, dalam hal ini PDIP, untuk mencalonkan pengganti Wawali.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge