0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Jadi Tuan Rumah Festival Teh Internasional

Teh Telor (Dok.Timlo.net/ Kacuk Legowo)

Solo —  Kota Solo, pekan ini, bakal semarak dengan event akbar bertaraf internasional, Solo International Tea Festival (SITF). Kegiatan yang dipusatkan di kompleks Balaikota Solo dan kawasan Ngarsapura ini menghadirkan beragam expo dan workshop produk teh dari berbagai daerah.

SITF sendiri, menurut ketua penyelenggara acara, Arys Buntoro, merupakan kegiatan festival teh berskala internasional yang baru kali pertama dihelat di Indonesia. Selain menyajikan expo dan workshop, sedianya akan turut dihadirkan pula aneka lomba kreasi teh hingga ritual membuat teh pada puncak acara.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi keprihatinan atas komoditas teh di Indonesia yang selalu menurun baik kualitas maupun kuantitasnya. Ini jadi salah satu keprihatinan karena teh belum dianggap sebagai komoditas ekonomi,” jelasnya kepada wartawan, di salah satu hotel boutique di kawasan Mangkunegaran, Selasa (9/10).

Oleh sebab itu, melalui penyelenggaraan SITF ini diharapkan bisa meningkatkan apresiasi masyarakat dan pemerintah pada komoditas teh dalam negeri. Di sisi lain, Arys berharap melalui kegiatan yang sedianya bakal dihelat pada Jumat hingga Minggu (12-14/10) mendatang tersebut, nantinya bisa memberikan nilai edukasi bagi masyarakat atas komoditas teh dan kombinasinya.

Lebih lanjut, diakui perwakilan panitia pengarah SITF, Hari Hendrarto, antusiasme kepesertaan dari luar negeri atas penyelenggaraan festival teh di Kota Solo ini cukup besar. Hanya saja saat ini panitia belum mampu mengakomodasi minat tersebut, mengingat SITF merupakan event akbar internasional yang baru kali pertama dihelat di Indonesia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge