0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan Mulai Turun, DPU Dikejar Kesiapan Insfrastruktur

Proyek drainase (Dok.Timlo.net)

Solo – Hujan sudah mulai turun pada pekan kedua bulan Oktober ini. Namun, sejumlah insfrastruktur dinilai belum siap menghadapi guyuran air hujan yang mulai turun tiap hari tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Kota Solo Honda Hendarto mengatakan, dirinya masih menemui genangan air saat hujan mulai mengguyur jalan-jalan di Kota Solo. “Seperti yang terlihat di Jalan Kolonel Sutarto depan Polsek Jebres. Di sana kalau hujan pasti (air) menggenang cukup tinggi,” katanya kepada wartawan, Selasa (9/10).

Pihaknya tidak membantah kalau Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sudah mulai berbenah memperbaiki insfrastruktur dalam mengantisipasi musim penghujan. Namun ia menyayangkan waktu perbaikan yang terlalu mepet dengan musim hujan yang sudah mulai turun.

“Harusnya diantisipasi dari kemarin-kemarin. Harus menggunakan skala prioritas dalam pemasangan drainase, dengan mengutamakan pada titik-titik genangan yang tinggi,” terangnya.

Sementara, Kepala DPU Kota Solo Agus Djoko Wittiarso mengaku pihaknya sudah melakukan tindakan persiapan pengendalian banjir genangan menjelang musim penghujan ini. “Kami sudah melakukan perbaikan pada saluran drainase. Seperti pada kawasan Jajar, kecamatan Laweyan, pemasangan pompa pada kawasan Joyotakan serta pemasangan dua pompa di kawasan Pucangsawit, kecamatan Jebres,” terangnya.

Ia mengakui belum bisa menghilangkan genangan air secara keseluruhan. Namun ia mengupayakannya secara bertahap. Pihaknya sendiri baru memprioritaskan pada optimalisasi drainase primer. Sementara, untuk drainase skunder harus ditunjang dengan upaya pembersihan drainase yang ada di lingkungan masyarakat.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge