0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih:

Hujan Tiba, Waspadai Endemi DBD!

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih (dok.timlo.net/dhefi)

Solo – Memasuki musim hujan, masyarakat dihimbau untuk waspada. Dikhawatirkan puncak endemi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi pada bulan November mendatang.

Apalagi, mulainya musim penghujan yang masih disertai panas akan mempercepat pertumbuhan jentik nyamuk. “Air yang tergenang dikhawatirkan akan menimbulkan jentik nyamuk,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih kepada wartawan, Selasa (9/10).

Cepatnya pertumbuhan jentik nyamuk yang dipengaruhi suhu udara dan iklim yang mendukung, menurutnya patut diwaspadai. Dalam grafik tahunan endemi DBD, pada tahun ini dimulai sekitar bulan Juni dengan masa puncak pada bulan November mendatang.

Selain memperingatkan akan bahaya berkembangnya jentik nyamuk, Siti juga mengingatkan kepada masyarakat yang anggota keluarganya menderita panas atau demam berkepanjangan. “Kalau menderita panas lebih dari 3 hari dan sudah minum obat tetapi tidak sembuh-sembuh, harus segera dibawa ke tenaga kesehatan,” tegasnya.

Tahun ini, jumlah penderita DBD berada pada kisaran 18 kasus, dengan jumlah penderita meninggal dunia sebanyak 2 orang. Angka tersebut menurutnya masih sangat wajar. “Mudah-mudahan angka tersebut bisa bertahan. Target kami agar tidak ada penderita yang meninggal dunia,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge