0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tomat, Si Merah Pencegah Kanker

Tomat, si merah kaya manfaat. (Dok:Timlo.net/Google Images)

Timlo.net- Menurut para peneliti di Finlandia, konsumsi tomat yang tinggi mungkin mengurangi resiko terkena stroke bagi kita.

Mereka menyelidiki dampak lycopene-sebuah zat kimia berwarna merah terang yang ditemukan di dalam tomat, cabe dan semangka.

Dalam penelitian mereka yang melibatkan 1.031 pria, diterbitkan dalam jurnal Neurology, menunjukkan bahwa mereka yang memiliki banyak lycopene dalam aliran darahnya memiliki peluang yang kecil untuk terkena stroke.

Asosiasi Stroke berharap akan ada lebih banyak penelitian untuk menjawab kenapa lycopene bisa mencegah stroke.

Level lycopene dalam darah dihitung di awal penelitian tersebut, yang kemudian diikuti oleh para peserta hingga 12 tahun.

Mereka dibagi dalam empat grup berdasarkan jumlah lycopene dalam darah mereka. Ada 25 kasus stroke menimpa sebuah grup dengan kandungan lycopene rendah. Grup tersebut terdiri dari 258 pria. Dan terdapat 11 kasus stroke dalam grup yang memiliki kandungan lycopene tinggi. Grup ini terdiri dari 259 pria.

Penelitian ini mengatakan bahwa resiko stroke akan berkurang hingga 55 persen bila kita mengkonsumsi lebih banyak lycopene.

Seperti dilansir dari BBC News, Dr Jouni Karppi, dari University of Eastern Finland di Kuopio berkata: “Penelitian ini menambahkan bukti bahwa sebuah diet kaya buah dan sayuran dihubungkan dengan resiko terkena stroke yang lebih rendah. Hasil-hasil penelitian mendukung rekomendasi bahwa orang perlu mengkonsumsi lebih dari lima saji sayuran dan buah per hari, yang akan benar-benar mengurangi jumlah kasus stroke di seluruh dunia.”

Dia berkata bahwa lycopene bertindak sebagai sebuah antioksidan, mengurangi peradangan dan mencegah pembekuan darah.

Dr Clare Walton dari Asosiasi Stroke berkata: Penelitian ini mengatakan bahwa sebuah antioksidan yang ditemukan dalam makanan seperti tomat, cabe, dan semangka bisa menolong menurunkan resiko terkena stroke. Akan tetapi, penelitian ini seharusnya tidak menghalangi orang untuk makan buah dan sayuran lain karena mereka semua memiliki manfaat kesehatan dan tetap sebuah bagian penting dalam sebuah diet.”

Dia menambahkan bahwa lebih banyak penelitian diperlukan untuk memahami kenapa antioksidan tertentu yang ditemukan dalam sayuran seperti tomat bisa menolong mengurangi resiko stroke.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge