0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Wajib Dukung Batik Tulis

Kampoeng Batik Laweyan (Dok. Timlo.net)

Solo – Pemerintah diharapkan bisa memberi dukungan secara optimal bagi pengembangan batik tulis. Mengingat jenis batik ini merupakan aset peninggalan budaya, sehingga keberadaannya perlu dilestarikan.

Sebagaimana dikatakan Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan, Alpha Febela Priyatmono, pemerintah perlu mendukung pengembangan industri batik tulis melalui berbagai hal. Sebab, selain merupakan aset budaya yang perlu dijaga kelestariannya, batik tulis pada umumnya berbasis pada sektor industri kecil.

“Kami ini kan dari industri kecil, sehingga apapun yang terjadi pemerintah perlu men-support (mendukung-red) ke arah itu,” ujarnya, baru-baru ini.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan, menurut Alpha, di antaranya adalah dengan mensinergikan antara keberadaan batik printing dengan batik tulis. Mengingat belakangan pertumbuhan batik printing cukup pesat, sehingga berpeluang menggeser pangsa pasar batik tulis.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa printing-pun juga kita perlukan karena memang batik itu pemakainya kan ada klasifikasi. Ada segmen-segmen tertentu dan ternyata dari satu sisi kita harus melestarikan budaya dengan betul-betul riil batik, ya dengan batik tulis,” tandas dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge